Yusril Akan Merevisi Permohonan HTI untuk Judicial Review

13 views
Yusril Ihza Mahendra
http://linkarnews.com

MEDIA UKHUWAH – Pengacara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Yusril Ihza Mahendra mengatakan akan merevisi permohonan judicial review Peraturan Pengganti Perpajakan pada ormas No.2 2017 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Peninjauan kembali yudisial yang diajukan HTI sebagai organisasi, akan diubah menjadi individu atas nama Ismail Yusanto.

Pada hari Rabu, Mahkamah Konstitusi mengadakan sidang peradilan untuk mengadili Perppu Ormas. Selama persidangan, Yusril bertanya kepada hakim konstitusi tentang legal standing HTI.

Dia menjelaskan, saat uji materi diajukan pada 18 Juli lalu, HTI masih merupakan badan hukum. Sehari setelah, pada tanggal 19 Juli pemerintah telah membubarkan HTI secara resmi.

“Kami sudah mendengarkan nasehat hakim karena ada masalah hukum yang sangat krusial,” kata Yusril kepada wartawan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Rabu (26/7).

“Pemohon judicial review adalah Ismail Yusanto selaku Sekretaris Umum dan Juru Bicara HTI, yang sebelumnya adalah anggota ormas yang dibubarkan,” jelasnya.

Yusril menegaskan, sebagai individu, Ismail memiliki hak berserikat yang dijamin oleh UUD 1945. Dengan cara itu, pemohon memiliki legal standing.

Setelah sesi perdananya, Yusril mengatakan akan melakukan perbaikan terhadap permohonan judicial review sesuai anjuran tiga hakim konstitusi Arief Hidayat, I Dewa Gede Palaguna dan Suhartoyo, saat persidangan. “Kami akan memperbaikinya dalam waktu 14 hari, dan Insyaallah, persidangan akan terus berlanjut,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *