Tulisan Arab Muhammad, Arti Muhammad dan Makna Kekasih Terpuji Lainnya

15 views

Oleh: Al-Tharyq

مُحَمَّدٌ

Tulisan Arab Muhammad – Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih arti kata Muhammad?
Muhammad artinya “yang terpuji” atau “yang dirahmati”.

tulisan arab Muhammad
http://freeislamiccalligraphy.com

Hal tersebut berakar dari kata Arab yang dalam tulisannya terdiri dari huruf ha, mim, dal (حمد) yang berati “pujian”. Jadi orang yang dinamakan Muhammad mengandung harapan bahwa anak itu akan menjadi anak yang terpuji atau terahmati.

Dalam salah satu riwayat dalam pendapat Ibnu Katsir disebutkan bahwa tatkala Nabi Adam bertaubat kepada Allah atas kesalahannya, maka Nabi Adam menengadahkan kepalanya keatas pintu surga, dia melihat pintu surga yang sangat megah, dan melihat nama Muhammad diatas palang pintunya.

Artinya, nama Muhammad sebenarnya sudah ada di surga, jauh sebelum nabi Muhammad dilahirkan.
Nama Muhammad pertama kali digunakan oleh Rasulullah Saw dari kalangan Quraisy.

Beliau adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib Al-Quraisy. Yang menjadi Rasul Allah dengan membawa ajaran Islam untuk seluruh dunia dengan kitab sucinya, Al-Quran.

Orang pertama kali yang memberikan nama kepada Rasulullah ialah kakeknya yang bernama Abdul Muthalib. Walaupun sebenarnya, saat itu Abdul Muthalib menamainya dengan nama ‘Ahmad’. Namun, beliau terbiasa memanggilnya Muhammad.

Muhammad
http://freeislamiccalligraphy.com

Kemudian, nama Muhammad menjadi populer di kalangan muslim, bahkan dalam beberapa sumber [seperti Republika.co.id] menyebutkan bahwa nama Muhammad adalah nama paling populer di dunia yang digunakan pada nama bayi. Tak terkecuali negara Inggris yang penduduknya mayoritas non Muslim, penggunaan nama Muhammad sangat populer di sana.

Al-Quran sendiri menamakan salah satu surah diantara 114 surah lainnya dengan nama surah Muhammad. Surah tersebut merupakan surah ke-47 dalam Al-Quran dan memiliki 38 ayat.

Dalam Kitab Taurah [sekarang terbubukan dalam Bible] juga menyebutkan nama Muhammad/Ahmad, sebagaimana dalam Kitab Kejadian pasal 21 ayat 13, yang petikan ayatnya berbunyi,

“Setelah Hajar melahirkan putranya; Ismail, dia diantarkan oleh Ibrahim ke Makkah atas perintah Allah. Di Makkah, Ismail menjadi anak yang besar dan berketurunan. Dan diantara keturunannya itu bernama Muhammad yang kemudian menjadi Rasul terakhir.”

Demikianlah beberapa penjelasan tentang nama Muhammad. Semoga kita termasuk salah satu pengikut Muhammad yang selalu mencintainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *