Tulisan Arab Allahu Akbar, Arti Allahu Akbar Beserta Penjelasannya di Dalam Al Quran

oleh
Allahu Akbar Allah Maha Besar
pixabay.com

Tulisan Arab Allahu Akbar — Tulisan Arab Allahu Akbar dan artinya banyak kita temukan, didalam rumah, didalam masjid dan tempat lainnya. Lafadz Allahu Akbar artinya Allah yang maha lebih besar dan kebesaran-Nya tidak bisa dijangkau akal dan pikiran manusia.

اَكْبَرُ اَللّهُ = Allah Yang Maha Lebih Besar

Pada saat kita akan menilai kebesaran Allah dengan ukuran materi, maka kita bisa melihat semua benda yang diciptakan Allah. Semua benda di alam semesta ini memang bisa diukur kecuali langit yang bisa menampung seluruh kehidupan di alam semesta ini yang berbentuk bulatan.

Ketika kita melihat bulan, ukurannya memang sangat besar dan ketika melihat matahari ternyata ukurannya lebih besar lagi dari bulan. Kemudian kita melihat pada langit dan seluruh angkasa raya ini yang sangat luas dan besar serta bisa menampung semua planet dan benda-benda lain.

Jika kita berpikir tentang kebesaran Allah, maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa yang menciptakan alam semesta ini pasti ukurannya lebih besar lagi. Informasi tersebut ada pada firman-Nya yaitu ayat kursi atau Al Baqarah 255 artinya “Kursi Allah meliputi langit dan bumi”.

Kebesaran Allah bersifat dinamis sesuai dengan daya imajinasi akal dan pikiran manusia untuk bisa menjangkau dan mengukurnya. Jika kita takjub dan melihat sesuatu yang besar, maka kita perlu mengucapkan Allahu Akbar, karena Allah lebih besar dari semua yang ada didunia ini.

Lafadz Allahu Akbar dijadikan kalimat Adzan untuk mengagungkan kebesaran Allah yang melebihi segalanya dan tidak ada yang lebih besar dari Allah. Karena itu banyak umat Muslim yang memiliki lafadz tulisan Arab Allahu Akbar agar selalu mengingat akan kebesaran Allah.

Kalimat Allahu Akbar terdiri dari dua kata yaitu Allah yang artinya Dzat yang maha kuasa dan patut disembah oleh setiap manusia. Kata kedua yaitu Akbar artinya yang maha lebih besar dan kata Akbar memiliki makna melebihi sehingga melebihi dari segala yang ada dialam semesta ini.

Ketika iqomah juga dengan mengumandangkan kalimat Allahu Akbar sebelum memulai pelaksanaan ibadah sholat. Tentu saja hal ini dilakukan agar kalimat Allahu Akbar bisa selalu tertanam dalam hati dan pikiran umat Muslim sehingga kebesaran Allah selalu jadi yang utama.

Jika kita hitung pengucapan lafadz Allahu Akbar pada Adzan dan Iqomah sebanyak 50 kali dikumandangkan. Setiap Adzan mengucapkan 6 kali dan jika dikalikan 5, maka sama dengan 30 dan
pada Iqomah dikumandangkan sebanyak 4 kali jika dikalikan 5 maka sama dengan 20.

Selain itu, lafadz Allahu Akbar memang sangat penting dalam Islam karena digunakan dalam bacaan sholat beberapa kali. Ketika melakukan ibadah sholat, kita memulainya dengan takbiratul ikhram dan mengangkat kedua tangan seraya mengucapkan bacaan pertama yaitu Allahu Akbar.

Membaca lafadz Allahu Akbar merupakan syarat utama agar sholat menjadi sah sesuai dengan tuntunan dalam syariat Islam. Hal ini bertujuan bahwa kita melaksanakan sholat hanya untuk mengagungkan  kebesaran Allah dengan khusyuk dan membuang semua pikiran tentang dunia.

Allahu Akbar diucapkan oleh setiap Muslim sebanyak 102 kali ketika menjalankan sholat 5 waktu dalam setiap rakaat sholat dibaca 6 kali. Dalam satu hari kita melakukan ibadah sholat sebanyak 17 rakaat, jadi jika 6 dikalikan dengan 17 maka hasilnya adalah 102.

Setelah selesai sholat, kita juga sangat dianjurkan untuk mengucapkan kalimat dzikir dan wirid, salah satunya tulisan Arab Allahu Akbar. Dzikir artinya adalah mengingat-ingat nama Allah setiap saat untuk selalu bersyukur dan mengagung-agungkan kebesaran-Nya serta kesucian-Nya.

Asal Kata Akbar

Tulisan Arab Allahu Akbar

Kata Akbar berasal dari bahasa Arab yaitu Kabiir dengan memanjangkan huruf ‘ba’ yaitu “biir” dan kata ini hanya digunakan khusus untuk Allah. Sedangkan penggunaannya pada manusia yaitu kaabir dengan  memanjangkan huruf ‘ka’ dengan pengucapannya yaitu kaabir.

Allah memiliki sifat Al Kabiir yang tercantum dalam Asma’ul Khusna artinya yang maha besar dan ukurannya tidak terhingga. Kata Kabiir berubah menjadi Akbar dan hanya digunakan untuk mengagungkan akan kebesaran Allah atas segala yang ada di alam semesta ini beserta isinya.

Tulisan Akbar Dalam Al Qur’an

Tulisan Kaligrafi Allahu Akbar
http://freeislamiccalligraphy.com

1. Surat Al Baqarah ayat 217

“Berpulang dalam bulan itu adalah dosa besar, tetapi menghalangi dari jalan Allah, kafir kepada Allah, (menghalangi masuk) masjidil haram dan mengusir penduduk sekitarnya lebih besar (Akbaru) dosanya disisi Allah. Dan fitnah lebih besar (Akbaru) dosanya dari membunuh”.

2. At Taubah ayat 72

“Allah menjanjikan kepada orang-orang Mukmin, lelaki dan perempuan, surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, mereka kekal didalamnya dan tempat-tempat yang bagus di surga Adn’.Dan keridhoan Allah lebih besar (Akbaru), itu adalah keberuntungan yang besar”.

3. Surat Al An’aam ayat 17

“Kemudian tatkala ia melihat matahari terbit, dia berkata: ‘Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar (Akbaru)”. Maka tatkala matahari itu terbenam, dia berkata: ‘Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan”.

Hiasan Tulisan Arab Allahu Akbar

Kalimat Takbir Lafadz Takbir

1. Pada Dinding Masjid

Banyak sekali kita menemukan masjid-masjid di seluruh dunia memiliki tulisan Arab Allahu Akbar di dinding dan sudut-sudut bangunan. Hal ini bertujuan agar kita senantiasa mengingat kebesaran Allah dan mengagungkan kebesaran-Nya dalam kalimat wirid dan dzikir setiap saat.

Tulisan dinding dengan lafadz Allahu Akbar yang kita lakukan dengan tujuan agar bisa menjadi tanda untuk selalu mengingatkan diri kepada Allah. Hiasan dinding bertuliskan Allahu Akbar juga bermanfaat agar kita selalu ingat dengan kitab suci Al Qur’an kemudian mau membacanya.

2. Hiasan Dinding Rumah

Di dalam rumah para umat Muslim juga banyak sekali yang memajang hiasan dinding dengan tulisan Allahu Akbar serta tulisan Islami lainnya. Hal ini memang sangat baik jika tujuannya hanya untuk selalu terus menerus mengingat kepada Allah dan bukanlah sebagai sarana dekorasi.

Memasang lafadz Allah serta tulisan ayat-ayat Allah juga bisa bermanfaat bagi kenyamanan penghuni rumah dari jin yang berkeliaran. Selain itu para malaikat juga bisa masuk ke dalam rumah untuk memberikan keamanan dan perlindungan dari berbagai musibah yang bisa terjadi.

3. Pada Ukiran Kayu

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak sekali tenaga ahli dalam mengukir kayu dan banyak yang membuat ukiran dengan lafadz Allahu Akbar. Tentu saja tujuan utamanya adalah menempatkan asma Allah pada tempat yang indah sebagai cara untuk mengagungkan Allah.

Ukiran kayu dengan huruf Arab atau kaligrafi juga banyak diminati oleh negara-negara Muslim di timur tengah dan negara-negara lainnya. Hal ini karena sebagai umat Muslim memang sudah seharusnya menghiasi seluruh ruangan rumah dengan asma-asma Allah dan ayat-ayat Al Qur’an.

4. Pada Kulit Binatang

Pada zaman Rosulullah, banyak sekali para sahabat yang menulis ayat-ayat Al Qur’an dan hadist pada kulit binatang sebagai dokumentasi. Hal ini dipastikan bahwa rosulullah tidak pernah melarang kepada para sahabat untuk menuliskan ayat-ayat Al Qur’an dan menyimpannya.

Namun sekarang, ada sebagian orang yang membuat tulisan Arab Allahu Akbar pada kulit binatang sebagai hiasan rumah. Tentu saja tujuannya sebagai bentuk kecintaan kita kepada Allah Ta’aala agar bisa mengingat-Nya setiap saat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *