Quraisy Shihab Meminta Umat Islam untuk Mempertahankan Persatuan

5 views
Quraish Shihab
Sumber: Tirto.id


MEDIA UKHUWAH — Prof. Quraish Shihab dalam khUtbah Idul Fitri di masjid Istiqlam Jakarta pada hari Minggu meminta umat Islam untuk mempertahankan persatuan, baik sebagai individu maupun masyarakat.

“Kesatuan diri manusia terdiri dari roh dan tubuh. Penyatuan jiwa dan tubuh membuat manusia utuh sehingga tidak ada pemisahan antara iman dan praktik, baik perasaan maupun perilaku, perbuatan dengan moralitas, idealisme dengan realitas. Dan ini semua adalah bagian pelengkap, “kata Shihab.

Dia mengatakan bahwa orang Idul Fitri kembali ke asal mula ciptaannya. Dia menemukan ketegasan dalam keyakinan. Dia kuat dan bijak, selalu bersih, hemat dan dalam hidup sederhana, murah hati, tidak menghina dan tidak mengejek, tidak menyebarkan fitnah, tidak menuntut yang bukan haknya dan tidak menahan hak orang lain.

Selanjutnya, Shihab mengingatkan bahwa orang-orang seharusnya tidak tertipu oleh tipu daya setan dan mengalami kepahitan mengikuti tipuan setan.

“Dengan merayakan Idul Fitri, kita harus sadar akan peran Setan dan para pengikutnya dalam menyebarkan fitnah dan tipuan, dan menanamkan keburukan untuk membagi kesatuan bangsa, “kata Shihab.

Dia mengatakan Idul Fitri harus menjadi momentum untuk mendorong dan memperkuat ikatan persatuan dan integritas, dan untuk menyatukan hubungan kasih sayang antara orang-orang sebangsanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *