Begini Cara Mengatur Keuangan Saat Pinjaman Online Tanpa Jaminan Dimulai

oleh

Cara Mengatur Keuangan Saat Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Pesatnya dunia teknologi saat ini membawa dampak yang besar baik positif maupun negatif yang akan dirasakan oleh semua masyarakat di era milenial ini. Jika setiap individu mampu bersikap secara bijak, maka dampak positif akan lebih dirasakan dibandingkan dampak negatifnya.

Kecanggihan teknologi dan internet saat ini memang sangat mempermudah seseorang dalam mendapatkan sesuatu mulai dari informasi terkini, mencari lapangan pekerjaan, mengurus surat-surat pribadi, belanja berbagai barang hingga meminjam uang secara online.

Layanan jasa pinjaman online ini sudah marak di berbagai media sosial. Pinjaman yang ditawarkan dapat berupa pinjaman online tanpa jaminan dan dengan jaminan. Lalu mengapa banyak bermunculan layanan jasa tersebut? Amankah? Bagaimana caranya?

Layanan jasa pinjaman secara online sering disebut dengan P2P lending atau Platform Peer to Peer. Layanan pinjaman ini sudah banyak muncul di berbagai negara termasuk Indonesia. Masyarakat Indonesia sendiri merasa sangat terbantu dengan adanya platform tersebut karena dianggap mampu meningkatkan kondisi keuangan baik untuk kebutuhan mendesak maupun digunakan sebagai modal usaha.

Dari jenis pinjaman online yang ditawarkan, pinjaman online tanpa jaminan menjadi pilihan mayoritas masyarakat karena prosesnya cukup mudah dan hanya membutuhkan dokumen berupa KTP, Slip Gaji dan NPWP. Selain itu jenis pinjaman ini juga cepat dalam pencairan dananya yakni paling lambat 2×24 jam. Anda juga akan lebih menghemat waktu karena dapat diakses melalui smartphone saja.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman sejumlah uang ke platform fintech lending, Anda harus mencari informasi lengkap dan memastikan bahwa platform tersebut memang aman dan dapat dipercaya. Setelah Anda yakin, maka lakukan layanan jasa tersebut dan bertanggungjawab penuh atas pembayaran cicilan hingga lunas. Anda harus benar-benar berkomitmen dengan layanan ini agar tidak terjadi istilah gali lubang tutup lubang.

Istilah tersebut sudah banyak dibahas di beberapa artikel karena masyarakat banyak yang menyepelekan aturan pinjaman online tanpa jaminan. Meskipun persyaratan yang diajukan memang mudah, tetapi semudah itu pula data Anda terdeteksi sebagai peminjam yang bermasalah.

Sebagian masyarakat di Indonesia masih menganggap bahwa melakukan pinjaman online untuk melunasi hutang sebelumnya (gali lubang tutup lubang) adalah solusi terbaik yang dapat dilakukan. Namun, hal ini justru akan menjerumuskan Anda dalam jumlah hutang yang lebih besar sehingga beban Anda juga semakin berat. Agar permasalahan hutang dapat diatasi dengan mudah menggunakan pinjaman online, maka perhatikan beberapa kiat-kiat berikut!

Lakukan Hidup Hemat Dalam Keluarga

Sebagian besar masyarakat menganggap remeh dan mengabaikan pentingnya hidup hemat. Hal ini bisa Anda lihat dengan budaya konsumtif masyarakat Indonesia yang semakin merajalela mulai dari sering nongkrong di café, belanja barang-barang branded hingga membeli sesuatu diluar kebutuhan tanpa berpikir panjang. Hidup hemat bukan berarti pelit, tetapi dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Hemat dan sederhana dalam menjalani kehidupan khususnya dalam pengelolaan keuangan justru akan membawa Anda dalam kondisi financial yang baik. Sebaiknya Anda menerapkan pola ini terlebih dahulu untuk diri sendiri kemudian bisa diterapkan ketika sudah memiliki keluarga apalagi harus menanamkan prinsip hidup hemat kepada anak sedini mungkin. Jika Anda sedang melakukan pinjaman online, maka prinsip ini harus tetap diterapkan karena beban biaya tiap bulan juga lebih besar akibat adanya cicilan hutang tersebut.

Penggunaan Kartu Kredit Yang Bijak

Layanan perbankan yang semakin mudah di zaman sekarang membuat masyarakat juga sering melakukan transaksi menggunakan kartu debet dan kredit. Kartu kredit dianggap lebih banyak menguntungkan karena penggunanya dapat bertransaksi terlebih dahulu kemudian baru membayar cicilan.

Namun, kemudahan ini justru disalahgunakan oleh orang-orang yang gelap mata saat melihat barang-barang bagus dan langsung membelinya tanpa memperdulikan kebutuhan yang lebih penting.

Hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki kartu kredit adalah menggunakan kartu tersebut dengan bijak agar cicilan hutang tiap bulan tidak semakin besar. Jangan gunakan kartu kredit sebagai pemuas gaya konsumtif dan hedonisme Anda. selain itu, Anda harus memikirkan dan memilah barang apa saja yang memang menjadi kebutuhan.

Usaha Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Ketika melakukan pinjaman online tanpa jaminan di internet berarti beban biaya bulanan Anda semakin besar sehingga untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mengurangi atau menekan biaya bulanan sebelumnya maupun meningkatkan penghasilan. Mencari penghasilan tambahan dianggap menjadi solusi yang tepat karena selain untuk membantu Anda memudahkan pembayaran cicilan juga dapat membuat keahlian semakin berkembang.

Anda yang benar-benar niat untuk mencari tambahan penghasilan dapat mencoba berbagai bidang kerja sampingan yang saat ini banyak ditemukan melalui surat kabar dan internet. Dalam memilih kerja sampingan, sebaiknya pilihlah berdasarkan kemampuan yang dimiliki maupun berhubungan dengan hobi Anda sehingga pekerjaan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama. Bidang pekerjaan yang dapat dipilih seperti make up artis, dropshipper, fotografer, reseller, penulis freelance, dan sebagainya.

Prioritaskan Hutang Pada Posisinya

Disaat Anda memiliki hutang, maka hal yang harus selalu diprioritaskan adalah melunasi hutang tersebut secepat mungkin. Hal ini berlaku saat Anda melakukan pinjaman online tanpa jaminan. Saat melakukan pinjaman tersebut tentunya Anda memiliki tanggungjawab untuk membayarnya tiap bukan bukan?

Anda harus memasukkan daftar hutang kedalam catatan bulanan sehingga pembayaran cicilan tidak akan terlupakan. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki catatan kebutuhan bulanan yang sudah pasti, maka disaat ada tanggungan hutang, Anda harus mengurangi jatah beberapa bagian misalnya memilih barang dengan harga lebih murah atau menghilangkan dana rekreasi keluarga sementara waktu.

Pembayaran Cicilan Tepat Waktu

Ketika Anda secara sadar memiliki cicilan hutang yang harus dibayarkan setiap bulannya, maka Anda juga harus konsisten untuk membayar cicilan tersebut tepat pada waktunya. Kadangkala masih banyak masyarakat yang mengulur-ulur waktu bahkan enggan mencicil hutang tersebut tepat pada waktunya karena untuk membeli barang-barang yang diinginkan.

Ketika Anda memiliki pinjaman online tanpa jaminan di platform yang sudah dipilih, maka secara tidak langsung harus menjadi prioritas Anda untuk membayar cicilan hutang tersebut. Agar cicilan dapat terbayarkan, pastikan untuk menyisihkan uang setiap bulannya dan mencatat tanggal pelunasan cicilan di kalender rumah, kantor maupun smartphone sehingga tidak akan mendapatkan denda akibat keterlambatan pembayaran dan hidup menjadi lebih tenang.

Tidak Berhutang Lagi di Pinjamin Online Lain

Anda harus memahami bahwa gali lubang tutup lubang dengan cara meminjam uang dari satu pinjaman online ke pinjaman online lain bukanlah sebuah solusi yang dapat menyelesaikan hutang Anda, tetapi justru menuntun Anda ke tumpukan hutang yang lebih besar. Anda harus menjadi peminjam dana online yang cerdas sebagaimana beberapa tips diatas.

Pastikan dan pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online tanpa jaminan di internet. Selain itu jangan mudah tergiur dan membeli barang-barang diluar kebutuhan, maka kondisi keuangan Anda dijamin akan aman dan hidup lebih tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *