Pengertian Islam menurut Bahasa dan Istilah Nusantara, Moderat, Liberal & Radikal

oleh
Pengertian Islam menurut Bahasa dan Istilah Nusantara, Moderat, Liberal & Radikal
Pixabay.com

APA ITU ISLAM, PENGERTIAN ISLAM — Lihat kamus bahasa Arab Anda akan mengetahui bahwa arti kata Islam adalah: tunduk, merendahkan diri sendiri, dan mematuhi perintah dan mengindahkan larangan tanpa keberatan, dengan tulus menyembah Allah saja, percaya apa yang Dia katakan kepada kita dan memiliki iman kepada-Nya. Jadi, secara etimologis, kata ‘Islam’ memiliki beberapa arti. Diantaranya adalah “Submitting and obeying”.

Sementara dalam terminologi, ‘Islam’ berarti menyerahkan diri kepada Allah dengan menyembah Dia sendiri, mematuhi perintah-perintah-Nya dalam melakukan perbuatan-perbuatan benar, dan meninggalkan syal dan membuat orang melakukan syirik sebagai musuh (Tsalatsatul Ushul / The 3 Foundations, halaman 7).

Penjelasan beberapa ilmuwan tentang makna Islam dalam arti terminologi terbagi menjadi 2 bagian, yaitu umum dan makna khusus. (Husul Al Ma’mul, halaman 7).

Pengertian Islam Sesuai Al Quran dan Hadits

Pengertian Islam
Pixabay.com

Di Quran

Islam adalah Deen (Agama)

Hari ini, saya telah menyempurnakan agamamu (dīn) untukmu; Saya telah menyelesaikan berkat saya kepada Anda; Saya telah menyetujui Islam untuk agama Anda (Al Qur’an 5: 3).

Islam tunduk kepada Allah

Agama di hadapan Allah adalah Islam (tunduk pada kehendak-Nya): Orang-orang Kitab Suci tidak membedakannya kecuali karena iri satu sama lain, setelah pengetahuan datang kepada mereka. Tapi jika ada yang menolak ayat-ayat Allah, maka Allah dengan cepat memanggil untuk mempertanggungjawabkan. (QS. 3:19).

Islam adalah Agama Allah

Apakah mereka mencari selain Agama Allah? – sementara semua makhluk di langit dan di bumi memiliki, mau atau tidak mau, tunduk pada Kehendak-Nya (Accepted Islam), dan kepada-Nya mereka semua akan dibawa kembali. (Al Qur’an 3:83).

Tentang Hadis

(Sahih Bukhari 1: 2: 48). Kemudian dia bertanya lagi, “Apa itu Islam?” Rasulullah menjawab, “Untuk menyembah Allah Sendiri dan tidak ada yang lain, untuk memberikan sholat dengan sempurna untuk membayar zakat dan untuk berpuasa sepanjang bulan Ramadhan.”

(Sahih Bukhari 4: 52: 191). Surat ini berasal dari Muhammad, hamba Allah, dan Rasul-Nya, kepada Heraculius, Penguasa Bizantium. Damai sejahtera bagi para pengikutnya. Sekarang, saya mengundang Anda ke Islam (tunduk kepada Allah), memeluk Islam dan Anda akan aman “.

(Sahih Bukhari 009: 092: 447). Saat kami berada di masjid, Rasul Allah keluar dan berkata, “Marilah kita lanjutkan kepada orang-orang Yahudi.” Maka kami pergi bersamanya sampai kami tiba di Bait-al-Midras. Nabi berdiri di sana dan memanggil mereka, berkata, “Wahai orang Yahudi! Menyerah kepada Allah (memeluk Islam) dan kamu akan selamat! “” Ketahuilah bahwa bumi diperuntukkan bagi Allah dan saya ingin mengasingkan Anda dari tanah ini, jadi siapa pun di antara Anda yang memiliki properti dia harus menjualnya, jika tidak, ketahuilah bahwa tanahnya adalah untuk Allah dan Rasul-Nya. “

(Sahih Bukhari 1: 4: 247). Demi Allah! Saya menganggapnya sebagai orang beriman. “Nabi berkata,” Atau hanya seorang Muslim (yang menyerah kepada Allah). ”

Cendekiawan Islam

Ibnu Taimiyah

Islam harus menyerahkan diri kepada Tuhan, tunduk padanya, menyembahnya, dan melayaninya ….

Perbedaannya muncul dari fakta bahwa Islam adalah Penyerahan Din. Din adalah iffinitve dari ddna, yadinu, yang berarti tunduk atau menyerah.

Agama Islam yang telah ditetapkan tuhan dan diundangkan melalui para nabi-Nya adalah untuk tunduk kepadanya sendiri. Itu hanyalah penyerahan, pemujaan dan pelayanan kepada Tuhan dan dia sendiri.

Islam dalam Sejarah

Islam secara historis berasal dari awal abad ke 7 Masehi di Mekah, dan pada abad ke-8 kekhalifahan Umayyah mulai meluas dari Iberia di barat ke Sungai Indus di timur. Zaman Keemasan Islam, selama Khilafah Abbasiyah, mengacu pada periode yang secara tradisional berasal dari abad ke-8 sampai abad ke-13, ketika sebagian besar dunia Islam historis mengalami perkembangan ilmiah, ekonomi dan budaya. Perluasan dunia Muslim melibatkan berbagai khalifah dan kerajaan, pedagang dan pertobatan ke Islam melalui kegiatan misionaris.

Islam dalam Keyakinan

Artikel Dasar Keyakinan / Iman

Umat ​​Islam memiliki enam keyakinan utama / iman (iman).

Keyakinan kepada Allah sebagai satu-satunya tuhan, Allah.
Allah adalah abadi, mahatahu, dan mahakuasa …
Allah selalu ada dan akan selalu eksis.
Allah mengetahui segala sesuatu yang bisa diketahui.
Allah dapat melakukan apapun yang bisa dilakukan.Allah tidak memiliki bentuk atau bentuk …
Allah tidak bisa dilihat.
Allah tidak bisa didengar.
Allah bukan laki-laki atau perempuan.
Allah hanya …
Allah menghargai dan menghukum dengan adil.
Tapi Allah juga penyayang.
Orang beriman dapat mendekati Allah dengan berdoa, dan dengan membaca Alquran.
Umat ​​Islam hanya menyembah Allah …
karena hanya Allah yang layak disembah.

Tuhan Yang Maha Esa

Semua Muslim percaya bahwa Tuhan itu satu saja:
Hanya ada satu Tuhan.
Tuhan tidak memiliki anak, tidak ada orang tua, dan tidak ada pasangan.
Tuhan tidak diciptakan oleh makhluk.
Tidak ada Tuhan yang setara, lebih tinggi, atau lebih rendah.
Kepercayaan pada malaikat (al Malaikah)

Ada 10 malaikat yang bisa dipercaya

Berikut adalah nama dan fungsi dari 10 malaikat terkemuka (alayhum salam).                                                              Jibril: Untuk menyampaikan Wahyu Ilahi dari Allah (Subhanahu wa Ta’ala) kepada utusan-utusan-Nya yang dipilih dari antara para nabi (alayhum salam).
Mikail: Untuk mengelola kebutuhan duniawi, membawa hujan dan mengawasi budidaya tanaman pangan.
Israfil: Untuk meniup terompet: sekali, untuk penghancuran alam semesta; dan lagi, untuk Kebangkitan semua makhluk yang bertanggung jawab untuk menghadapi Hari Penghakiman.
Izrail: Malaikat Maut, yang paling menakutkan dari mereka semua, siapa yang tidak menunda atau mempercepat jam untuk mengklaim jiwa.
Maalik: Penjaga Jahannum (neraka-api), pemandangan yang tidak disukai, bagi penghuni api abadi yang malang dan malang.
Ridwan: Guardian of Paradise, yang menyambut para Nabi (alayhum salam) dan orang benar yang telah diberkati oleh Allah (Subhanahu wa Ta’ala).
Munkar: Menanyakan orang mati tentang isu-isu yang berkaitan dengan tuhannya, nabi Salla Allahu ta’ala ‘alayhi wa Sallam, agama, kepercayaan, perbuatan, dll. Tanya di kuburan.
Nakir: Menanyakan orang mati tentang isu-isu yang berkaitan dengan tuhannya, nabi Salla Allahu ta’ala ‘alayhi wa Sallam, agama, kepercayaan, perbuatan, dll.
Raqib: Duduklah di bahu kanan pria untuk mencatat perbuatan baiknya.
Atid: Duduk di bahu kiri pria untuk mencatat perbuatan jahatnya.

Bersama Raqib dan Atid disebut Kirama Katibeen.

“Ingatlah bahwa kedua penerima (rekaman Angels) menerima (setiap manusia), satu duduk di sebelah kanan dan satu di sebelah kiri (untuk mencatat tindakannya. Tidak sepatah kata pun dia (atau dia) mengucapkannya tapi ada seorang pengamat olehnya siap (untuk merekamnya). “(Al Qur’an 50: 16-18) Dalam ayat lain (82:11), Malaikat ini disebut Kiraman Katibin atau” ahli Taurat yang terhormat “.

Keyakinan akan Kitab Suci (Quran)

Al-Qur’an

Alquran adalah kitab suci bagi umat Islam, yang diwahyukan secara bertahap kepada Nabi Muhammad SAW selama 23 tahun. Wahyu Alquran dianggap oleh umat Islam sebagai firman Tuhan yang kudus, yang dimaksudkan untuk memperbaiki kesalahan dalam kitab suci sebelumnya seperti Perjanjian Lama dan Baru.

Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad oleh Tuhan dalam bahasa Arab. Beberapa fragmen Al Qur’an telah tertanggal sampai abad kedelapan, dan bahkan mungkin abad ketujuh. Salinan teks lengkap tertua ada dari abad kesembilan.

Meskipun varian awal Alquran diketahui telah ada, umat Islam percaya bahwa teks yang kita miliki saat ini didirikan tidak lama setelah kematian Nabi oleh Khalifah Utsman.

Ada 114 bab di dalam Al Qur’an, yang ditulis dalam bahasa Arab kuno. Semua pasal kecuali yang dimulai dengan kalimat Bismillahir rahmanir raheem, ‘Atas nama Allah yang paling berbelas kasih dan yang paling baik’. Inilah pemikiran dimana umat Islam harus memulai setiap tindakan.

Bab terpanjang dari Alquran adalah Surah Baqarah (Sapi) dengan 286 ayat dan yang terpendek adalah Surah Al-Kawther (kelimpahan) yang memiliki 3 ayat.

Pengaturan surah tidak sesuai dengan urutan kronologis di mana mereka diwahyukan. Alquran kadang dibagi menjadi 30 bagian yang kira-kira sama, yang dikenal sebagai juz ‘. Perpecahan ini memudahkan umat Islam membaca Alquran selama sebulan dan banyak yang membaca satu juz setiap hari, khususnya di bulan Ramadhan.

Terjemahan Alquran ada di lebih dari 40 bahasa namun umat Islam masih diajarkan untuk belajar dan membacanya dalam bahasa Arab, bahkan jika bahasa ini bukan bahasa ibu mereka dan mereka tidak dapat berkomunikasi di dalamnya.

Terjemahan dianggap oleh umat Islam sebagai versi baru dari kitab suci, bukan terjemahan terjemahan dalam pengertian konvensional.

Pada saat pewahyuan Alquran, buku tidak tersedia dan oleh karena itu umum bagi orang untuk mempelajarinya secara langsung. Melakukan Alquran ke memori bertindak sebagai bantuan besar untuk pelestariannya dan setiap orang yang mampu melakukannya dikenal sebagai seorang hafiz.

Alquran diperlakukan dengan sangat hormat oleh umat Islam karena ini adalah firman Tuhan yang kudus. Sementara Alquran dibacakan dengan keras, umat Islam harus bersikap hormat dan menahan diri untuk tidak berbicara, makan atau minum, atau membuat kebisingan yang mengganggu.

Kepercayaan pada para nabi …

Misalnya Adam, Ibrahim (Abraham), Musa (Musa), Dawud (Daud), Isa (Isa), Muhammad (saw) adalah nabi terakhir.

Kepercayaan di Hari Penghakiman …

Hari dimana kehidupan setiap manusia akan dinilai untuk memutuskan apakah mereka pergi ke surga atau neraka. Bahwa Allah mengetahui semua yang akan terjadi.

Percaya pada Predestinasi …

Muslim percaya bahwa ini tidak menghentikan manusia membuat pilihan bebas.

Islam dalam Kebiasaan dan Etiket

Apa Arti Islam
Pixabay.com

Berbagai manifestasi perilaku, tingkah laku dan pola hidup sekelompok orang disebut kebiasaan dan etiket. Agama-agama yang diwahyukan kepada para nabi Allah juga mengarahkan orang-orang beriman masing-masing untuk mengikuti kebiasaan dan etiket tertentu. Tujuan agama ilahi adalah pemurnian jiwa. Akibatnya, kebiasaan dan etiket ini dipilih untuk memenuhi tujuan ini.

Menyatakan nama Allah sebelum makan dan minum dan menggunakan tangan yang tepat untuk tujuan itu
Salam seremonial dan responnya saat orang bertemu satu sama lain
Ucapan seremonial setelah bersin
Klip kumisnya
Mencukur pubes
Melepaskan rambut dari bawah ketiak
Kuku paring
Menyebarkan keturunan surat
Membersihkan lubang hidung, mulut dan gigi
Membersihkan tubuh setelah buang air kecil dan buang air besar
Mengambil mandi seremonial setelah siklus menstruasi dan debit nifas
Mandi seremonial setelah Janabah
Mandi mayat
Enshrouding mayat di peti mati kain
‘Idul Fitri
‘Id al-Adha
Pemisahan Seks. Selama sholat dan pelayanan, pria dan wanita tetap terpisah. Pria Muslim sangat dianjurkan untuk melakukan sholat lima sholat singkat atau salat di masjid. Wanita didorong untuk melakukan itu di rumah mereka.
Seorang suami dan ayah Muslim bertanggung jawab secara finansial untuk keluarganya. Sang istri bisa bekerja jika dia suka, tapi dia tidak berkewajiban membayar biaya keluarga.
Islam mensyaratkan bahwa baik pria maupun wanita mengenakan pakaian sederhana. Ketika wanita Muslim mencapai pubertas, kepercayaan mereka mengharuskan mereka mengenakan jilbab minimal (jilbab) dan jilbab (jilbab) saat di depan umum dan saat melakukan sholat.
Pernikahan. Semua Muslim diminta untuk menikah jika mereka bisa. Jika keadaan mengharuskannya, suami mungkin memiliki hingga empat istri, tapi seorang wanita mungkin hanya memiliki satu suami.
Jangan menyapa seorang Muslim dengan pelukan; Pria muslim hanya bisa memeluk istri dan wanita mereka yang berhubungan langsung dengan mereka.
Harus sangat menghormati orang tua dan mengikuti perintah mereka (dalam Hukum Islam).
Harus sangat menghormati Guru dan Sarjana Islam.
Sebaiknya baca Quran setiap hari.
Harus sholat lima kali sehari, tepat waktu.
Sebaiknya hindari setiap percakapan buruk dan kebiasaan buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *