Jazakumullah Khairan Katsiran Artinya

oleh
Jazakumullah Khairan Katsiran Artinya
pixabay.com

Jazakumullah Khairan Katsiran Artinya — Jazakumullah Khairan Katsiran Artinya “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”. Biasanya kalimat ini diucapkan sebagai rasa terima kasih sekaligus doa agar Allah membalas kebaikan yang telah dilakukan.

Lafadz Jazakumullah artinya “Semoga Allah memberi atau menambah atau juga membalas kalian” yang ditujukan untuk orang banyak atau jamak. Sedangkan kata Khairan artinya adalah “kebaikan” sebagai tujuan permintaan doa agar bisa memperoleh kebaikan yang diberikan Allah.

Untuk kata Katsiran artinya” banyak” karena kebaikan itu bermacam-macam jenisnya sehingga hanya sebagai doa singkat. Hal ini karena sesuatu yang baik bagi kita, belum tentu dianggap baik oleh Allah sehingga kita harus pasrah untuk menerima semua kebaikan yang akan diberikan.

Penggunaan kalimat Jazakumullahi Khairan kepada seseorang yang memberikan kebaikan kepada kita berdasarkan dari sunah nabi. Dari Usamah bin Zaid r.a bahwa Rosulullah bersabda dalam hadist yang diriwayatkan At-Tirmidzi (2035), An Nasa’i dalam Al Kubra (6/53).

“Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalas dengan mengatakan “Jazakallahu Khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya”.

Makna dari hadist ini adalah bahwa kita harus mengingat kepada orang yang telah berbuat baik kepada kita dan jangan lupa untuk mendoakannya. Tentu saja dalam hadsit tersebut Rosulullah ingin memberikan contoh kepada para sahabat agar kita tidak lupa daratan dan membalas budi.

Pelajaran yang bisa diambil dari hadist tersebut adalah bahwa kita tidak boleh melupakan orang yang telah berbuat baik kepada kita. Tentu saja kita harus membalas kepada orang yang telah berbuat baik kepada dengan memberi hadiah atau apa saja, minimal memberikan doa kebaikan.

Jika kita orang yang tidak mampu, maka cukup dengan mengucapkan Jazakumullah Khairan Katsiran artinya “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”. Dengan memberikan doa, setidaknya kita tidak melupakan orang yang telah berbuat baik begitu saja.

Hal ini karena Allah juga tidak menyukai kepada orang yang kufur nikmat atau tidak mau bersyukur dan berteima kasih atas nikmat yang telah diterima. Allah berfirman dalam surat Ibrahim ayat 7 yang menyatakan bahwa Allah akan mengadzab orang yang tidak mau bersyukur.

“Barangsiapa mensyukuri nikmat-Ku, maka akan Kutambahkan nikmatnya. Dan barangsiapa kufur terhadap nikmat-Ku, sesungguhnya adzab-Ku amat pedih”.

Karena itulah sebaiknya kita selalu bersyukur untuk berterima kasih kepada Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita. Karena hanya dengan cara bersyukur, maka Allah akan menambahkan nikmat kepada kita dan ditambahkan terus nikmat tersebut sampai akhir hayat.

Selain itu juga tidak lupa untuk mengingat jasa kepada orang yang telah berbuat kebaikan selama hidup kita dan bisa segera membalas jasa mereka. Kita seharusnya berusaha untuk mencari cara untuk membalas jasa orang lain selain dengan kalimat doa Jazakumullah Khairan Katsiran.

Dengan cara membalas kebaikan orang lain, maka kita juga menjadi sarana untuk membina hubungan baik kepada sesama Muslim. Hal ini karena agama Islam mengajarkan untuk selalu mambangun hubungan dengan rasa kasih sayang kepada Tuhan dan kepada sesama manusia.

Tentu saja jika kita memiliki sesuatu yang bisa diberikan, sudah sepatutnya untuk menghargai jasa orang lain dengan memberikan hadiah. Pemberian hadiah adalah wujud terima kasih setelah doa Jazakumullah Khairan Katsiran artinya semoga Allah memberikan banyak kebaikan.

Cara Berterima Kasih Selain Doa Jazakumullah Khairan Katsiran

1. Menjalin Tali Silaturahmi

Ketika ada orang yang tak dikenal dan mau memberikan sebuah pertolongan, sudah selayaknya kita berkenalan dengan dia. Selanjutnya bisa menjalin tali silaturahmi dengan berkunjung ke rumahnya serta agar bisa semakin akrab dengan semua keluarganya dan menjalin persaudaraan.

Silaturahmi adalah salah satu tuntunan dalam Islam yang sangat dianjurkan agar bisa merukunkan sesama umat Islam. Silaturahmi juga salah satu tuntunan agama yang bisa melancarkan rizqi seperti diberikan umur panjang dan rizqi lain yang datang tidak terduga.

2. Memberikan Hadiah Sesuai dengan Kebutuhannya

Tentu saja akan lebih baik jika memberikan hadiah sesuai dengan kebutuhan, daripada sekedar untuk membalas kebaikan saja. Jika kita bisa mengenal lebih dekat kepada orang yang telah berjasa pada kita, maka bisa menanyakan barang yang dia butuhkan untuk kehidupannya.

Kebanyakan orang akan lebih senang dan sulit untuk menolak  jika diberikan hadiah yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena bagaimanapun juga hadiah tersebut bisa menambah kebahagiaan karena biasanya orang-orang akan senang jika memiliki barang yang disenangi.

Adab Menjawab Ucapan Doa Jazakumullah Khairan Katsiran

1. Amin

Ketika ada orang yang mengucapkan kalimat doa Jazakumullah Khairan Katsiran kepada kita, maka bisa menjawabnya dengan ucapan Amin. Hal ini kalimat jawaban Amin juga sebagai doa agar Allah berkenan mengabulkan doa yang diucapkan dari orang tersebut.

2. Wa Iyyakum

Jawaban Wa Iyyakum artinya begitu juga dengan anda, hal ini sebagai doa agar Allah juga memberikan keberkahan yang mengucapkan Jazakumullah. Tujuannya agar sama-sama berdoa Jazakumullah Khairan Katsiran artinya semoga Allah memberikan kebaikan yang banyak.

3. Antum Jazakumullah Khairan

Kita juga bisa menjawab dengan ucapan Antum Jazakumullah Khairan yang artinya Semoga anda juga mendapatkan kebaikan yang banyak dari Allah. Hal ini sebagai ucapan doa timbal balik agar bisa sama-sama mendapatkan kebaikan dari doa yang kita ucapkan bersama.

Penggunaan Kalimat Jazakumullah yang Berbeda-beda

1. Jazakallahu Khairan

Pada kalimat Jazakallahu menggunakan kata “Ka” yang artinya kamu atau anda dan kata ini bersifat untuk satu orang. Kalimat Jazakallahu digunakan hanya kepada satu orang laki-laki saja dan bersifat lebih pribadi dan tidak cocok digunakan untuk banyak orang.

2. Jazakillahu Khairan

Penggunaan kalimat Jazakillahu Khairan menggunakan kata “Ki” yang artinya kamu atau anda pada kalimat Jazakillahu dan digunakan untuk satu orang. Kalimat Jazakillahu Khairan digunakan ketika berbicara kepada satu orang wanita dan tentu saja bersifat bersifat pribadi.

3. Jazakumullahu Khairan

Sedangkan penggunaan kalimat Jazakumullahu Khairan Katsiraan menggunakan kata ‘Kum” yang artinya kalian pada kalimat Jazakumullahu. Kalimat Jazakumullahu ini digunakan kepada orang banyak dan bersifat jamak atau biasa digunakan didepan umum ketika pidato atau lainnya.

Kalimat Doa Jazakumullahu Khairan Termasuk Ibadah Muamalah

Ucapan terima kasih Jazakumullahu Khairan Katsiran ini adalah bagian dari ibadah Muamalah sehingga tidak dibahas dalam Al Qur’an. Namun hal ini sangat dianjurkan oleh Rosullullah agar umatnya bisa berterima kasih kepada orang yang berbuat baik dan membalas budi jasa mereka.

Tentu saja rasa terima kasih juga sama seperti bersyukur kepada orang yang telah memberikan kebaikan dan mengingat jasanya. Kita bisa membalasnya dengan memberi hadiah dan bisa memberi ucapan doa Jazakumullahu Khairan Katsiran artinya adalah mendoakan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *