Inilah Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dalam Bahasa Arab

oleh
Doa untuk Orang Tua
Pixabay.com

Doa untuk Orang Tua Doa merupakan ibadah. Pada intinya ibadah adalah suatu ungkapan yang lahir dari kesadaran hati nurani atau perasaan untuk meminta ampun atau bantuan dari Allah SWT.

Doa bukan hanya bagi mereka yang terkena musibah atau sedang ditimpa masalah, akan tetapi juga untuk semua umat Islam yang masih hidup, dalam keadaan yang masih sehat dan tidak kurang apa pun.

Sebagai manusia kita harus berdoa untuk meminta atau mengucapkan terima kasih atas rahmat yang telah di berikan dari Yang Maha Besar dan Kuasa. Sehingga kita diberi kekuatan iman dan kesalehan untuk terus melakukan perintah-perintah-Nya.

Selain itu, kita harus  menyedari bahawa keadaan kita di bumi ini seperti roda yang berputar-putar . Mungkin hari ini kita boleh menyembah dengan baik dan ikhlas, tetapi siapa tahu hari berikutnya kita mempunyai kemalasan?

Mungkin hari ini kita sangat gembira, tetapi siapa yang tahu nasib kita di keesokan hari atau hari selepas esok ? Oleh itu, untuk mendapatkan keberkahan dan kebaika, kita harus berdoa. Muhammad Rosulullah bersabda, “Tidak ada yang paling mulia di sisi Allah, selain dari pada orang-orang yang berdoa kepada-Nya, sementara kita berada dalam suatu urusan.” (HR. Al-Hakim)

Makna Do’a untuk Kedua Orang Tua

Doa adalah permintaan yang baik terhadap Allah SWT, seperti meminta kesehatan, keselamatan, penyediaan halal dan kebaikan dalam kehidupan. Kita semua harus meminta atau berdoa kepada Allah SWT setiap kali, setiap kali, kapanpun dan dimana pun karena do’a kita selalu didengar oleh-Nya. Ada beberapa tujuan dari doa:

  1. Meminta kehidupan agar selalu di dalam bimbingan Allah SWT
  2. Mintalah perlindungan Allah dari semua godaan Syaitan yang terkutuk
  3. Memohon kepada-nya untuk diselamatkan di dunia dan akhirat
  4. Mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas berkat dan rahmatNya
  5. Masa yang tepat / mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT

Waktu yang Mustajab untuk Berdo’a

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal
Pixabay.com

Ada beberapa waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa sehingga dapat terkabul doa-doa tersebut. Waktu yang mastajab terebut antara lain:

  1. Ketika membaca Al-Quran
  2. Selepas Solat wajib
  3. Pada tengah malam selepas solat tahajud
  4. Ketika berpuasa wajib dan sunnah
  5. Ketika melakukan haji

Tata Cara bedoa Berdoa untuk Kedua Orang Tua

Melakukan segala apapun, agama islam telah mengaturnya dalam sebuah ilmu adab. Sehingga umat muslim dapat melakukannya dengan baik dan benar. Begitupula dengan berdoa ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan oleh umat islam ketika berdoa. Tata cara yang harus diperhatikan tersebut antara lain:

  1. Menghadap Kabah (qiblat)
  2. Sebelum berdoa dianjurkan untuk membaca basmalah, istighfar dan hamdalah. Kemudian diikut salawat Nabi Muhammad SAW, keluarga dan teman-teman.
  3. Mengangkat kedua tangan sebelum doa dan selanjutnya wajahnya usaplah wajah dengan telapak tangan selepas solat.
  4. Berdo’a dengan suara yang menenangkan kemudian berdoalah dengan sungguh-sungguh, dan ikhlas
  5. Berharap bahawa Allah menerima doanya
  6. Doa diulang pada waktu lainnya untuk menunjukkan betapa seriusnya kita diberikan oleh Allah SWT
  7. Selepas solat ditutup dengan salawat Nabi dan pujian kepada Allah SWT

Doa untuk Kedua Orang Tua

Inilah Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dalam Bahasa Arab
Pixabay.com

Doa ini sangat penting bagi kita semua sebagai seorang anak. Kita dianjurkan berdoa setiap hari untuk kebaikan kedua ibu dan bapak baik yang masih hidup maupun yang sudah  meninggal.  supaya dosa mereka diampuni oleh Allah SWT, dan Allah mengasihi mereka. Karena dengan doa kita akan memohon kepada Allah untuk selalu memberikan kebaikan kepada kedua orang tua.

Semua orang tua menginginkan untuk mempunyai anak sholeh dan sholehah. Anak sholeh adalah salah satu dari pada 3 perkara yang dapat mewujudkan amalan yang terus mengalir bahkan sampai kita berada di kubur.

Ketiga perkara tersebut yaitu shodaqah jariyah, ilmu yang berguna serta anak sholeh yang sealu mendoakan kedua orang tuanya. Doa anak sholeh untuk ibu dan  bapaknya sangat disukai oleh Allah bahawa mudah diterima dan diberikan kepadanya.

Anak Sholeh akan sentiasa berdoa untuk ibu dan bapak mereka yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal. Doa untuk ibu dan bapak akan sentiasa didengar oleh Allah supaya ibu bapanya dapat mendapatkan bahagia dan bangga mempunyai anak seperti dia.

Adapun anda yang ingin menjadi seorang anak yang saleh, mulailah dengan selalu taat perintahnya dan selalu berdoa untuknya. Jika anda masih belum tahu bagaimana untuk berdoa untuk ibu bapak, di sini kami telah menuliskan doa untuk kedua ibu bapa mengikuti apa yang diajar oleh Rasulullah SAW.

Doa untuk Ibu Bapak

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.
Pixabay.com

Berbakti kepada ibu dan bapak menduduki kedudukan tinggi dalam Islam. Ia ditunjukkan oleh perintah berbuat baik kepadanya mengikuti perintah ibadah hanya kepada Allah swt saja, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya dalam surat Al Isra ayat 23 yang artinya”Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah selain Dia, dan sebaiknya kamu berbuat baik kepada ibu saudara kamu yang terbaik”

Selain ayat diatas, ada banyak ayat yang Allah tulis dalam Al-Qur’an salah satunya ayat 14 dalam surat Luqman. “Dan kami perintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada ibu-bapaknya, ibunya telah mengadungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyampinya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada ibu-bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu”.

Ayat diatas memberikan gambaran kepada kita tentang kehidupan kedua orang tua, terutama ibu. Kita tidak bisa membayangkan ketika, ibu mengandung selama sembilan bulan dimana semua itu tidak menjadi alasan untuk selalu kuat dalam melakukan berbagai aktivitas.

Dia tidak pernah mengeluh dengan beban di perutnya. Sehingga datanglah hari dimana hidup dan mati menjadi pilihan. Dia tidak memikirkan keselamatan dirinya sendiri yang terpenting bayi yang dikandungnya dapat lahir dengan sempurna dan selamat .

Tidak hanya sampai di sana saja jasa sang ibu. Dia akan memberikan segala waktu dan tenaganya demi sang buah hati tercinta. Dia tidak mementingkan dirinya sendiri tidak memikirkan keadaan. Hal yang paling penting yaitu sang anak dapat tumbuh dan sehat seperti anak seusianya.

Sang ibu akan selalu memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi oleh anaknya, kemudian mengajarkan mereka tentang beberapa ilmu agama terutama dalam beradab. Mereka pun tak segan segan untuk memanggil ustadz untuk mengajarkan anaknya ilmu agama sehingga kelak ketika sudah lanjut usia dan meninggal dapat membantunya dalam menggapai surga Allah SWT

Bahkan seorang laki-laki yang datang menghapiri Rasulullah kemudian dia bertanya: “ya Rasulullah, siapakah orang yang berhak aku pergauli dengan baik di dunia dan di akhirat?” Rasulullah menjawab, “Ibumu” . Laki-laki itupun mengulang pertanyaannya sebanyak tiga kali. Rasul menjawabnya selama tiga kali untuk selalu berbuat baik kepada “Ibu”  dan ke empat kalinya Rasul menjawab “bapakmu.”

Tidak hanya sang ibu yang mempunyai jasa penting dalam hidup kita, namun bapakpun demikian. Bapak yang telah memenuhi kebutuhan jasmani kita. Dia yang telah bekerja banting tulang untuk dapat mencukupi kebutuhan kita.

Semua pekerjaan dia lakukan tanpa mengenal lelah, terik mataharipun ia sanggup bertahan demi keluarga yang ia cintai dapat bertahan hidup. Makah hal yang harus dilakukan oleh kita sebagai seorang anak yaitu dengan mengucapkan syukur kepada Allah dan kepada kedua orang tua kita.

Maka memuliakan kedua orang tua merupakan sebuah kewajiban bagi kita sebagai umat islam. Hal itu merupakan wujud dari rasa cinta kasih kepada keduanya dan merupakan wujud rasa terima kasih kepada keduanya yang telah memberikan semua kebutuhan jasmani dan rohani dengan cuma-cuma.

Berbakti kepada ibu dan bapak adalah salah satu perbuatan yang paling dicintai oleh Allah. Hal itu merupakan wujud nyata untuk membalas semua yang telah diberikan kedua orang tua kita sejak kecil.

Untuk menyembah, perkara yang paling penting yang boleh kita lakukan selain mematuhi segala perintahnya adalah berdoa untuknya. Maka dengan berdoalah kita bisa meminta segala keinginan untuk bisa membahagiakan kedua orang tua kita.

Kita memohon kepada Allah yang Maha Pembeli untuk selalu memberikan segala kebaikan untuk keduanya. Berikut adalah doa untuk ibu bapa yang dapat kita baca setiap kali, terutama setelah melakukan shalat fardu.

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi ‘bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’ aliyyil adhiimi.

Artinya:

Oh Tuhan, berilah aku pengampunan atas dosa-dosaku dan dosa-dosa ibu bapakku, dan belas kasihan kepada mereka berdua seperti mereka menjaga saya ketika saya masih kecil. Kemudian semua Muslim dan Muslim, semua orang yang beriman, dari golongan orang laki-laki dan dari golongan wanita yang masih hidup dan yang sudah meninggal, dan Masukanlah kami kedalam golongan mereka yang mendapatkan kebaikan.  Ya Tuhan, berilah kami rahmat dan belas kasihan karena Engkau Allah yang lebih berkuasa dan tidak ada daya dan  upaya  kecuali dengan pertolongan-Mu.

Atau bisa menggunakan do’a yang sederhana dn tidak terlalu panjang diantaranya:

اللهم اغفرلي ولوالدي وارحمهماكماربمانياني صغيرا

(Alloohummaghfirli, Waliwaalidayya, Perang Hamhumaa, Kamaa Robbayaanii Shagiiroo).

Artinya:

“Ya Tuhanku, maafkan saya dan ibu bapa saya, cintailah mereka seperti mereka mencintai saya sejak kecil.”

Itulah doa kedua orang tua dalam versi panjang dan pendek yang dapat kita panjatkan  Berdo’a sangat disarankan kepada kaum muslim  untuk melakukaknya setiap hari .

Apalagi jika pada masa itu selepas doa fardlu atau shalat qiyamul lail. Jika anda sudah berumah tangga, ajarkanlah doa untuk kedua ibu bapak kepada anak anda, supaya dia dapat belajar untuk menjadi seorang anak yang saleh.

Ketika orang tua kita telah lanjut usia maka pergaulilah mereka dengan perbuatan yang baik. Karena dengan perlakukan yang baik kita akan bisa menyenangkan hati keduanya.

Selain itu melakukan perbuatan baik kepada orang tua sangatlah dianjurkan oleh Rasulullah, bahkan beliau pernah menyuruh seorang laki-laki yang ingin ikut berjihad di jalan Allah untuk meminta izin terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya yang masih hidup.

Dan Rasul yang mempunyai akhlak terpuji itu sangat mengutuk perbuatan seseorang yang durhaka kepada kedua orang tuanya.

Sebuah hadit yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim mengatakan bahwa Rasulullah memberi tahu dosa yang amat besar yang harus dihindari selama hidup di dunia. Yang pertama menyekutukan Allah kemudian durhaka kepad kedua orang tua selanjutnya perkataan dusta dan persaksian palsu.

Agama Islam menegaskan bahawa umatnya selalu berdoa kepada Allah. Baik itu untuk diri sendiri, keluarga, untuk orang tua, bahkan untuk semua orang Islam dan orang yang berada dimana saja.

Para ulama bersetuju bahawa melakukan ketaatan dan kesetiaan kepada kedua orang tua adalah wajib. Melakukan kebaikan kepada ibu bapa bukan hanya dilakukan ketika dia masih hidup tetapi juga setelah dia mati.

Abu Daud dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah Sebagai Sa’idi meriwayatkan: “Ketika kami bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba ada seorang lelaki dari anak-anak Salamah datang kepadanya.

Lelaki itu bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah ada kesempatan untuk saya berbuat baik kepada ibu bapa saya selepas mereka mati?” dia menjawab: “Ya, berdoa dan meminta maaf untuk kedua-duanya, melaksanakan kehendaknya, menghubungkan persahabatan mereka dan memuliakan teman-teman mereka.” Walaupun hadis ini lemah tetapi dalam hal ini ia dapat diamalkan.

Sedang berdoa bagi sesama umat Islam tanpa pengetahuan kaumnya termasuk dari sunnah hasanah yang telah dipraktikkan dari generasi ke generasi oleh Nabi SAW dan juga orang-orang saleh yang mengikutinya.

Mereka gembira jika umat Islam mendapat kebaikan, jadi mereka berdoa untuk saudara perempuan mereka dalam doa mereka ketika mereka berdoa untuk diri mereka sendiri.

Di antara penyebab utama penyebaran kasih sayang dan cinta di kalangan umat Islam, dan menunjukkan kesempurnaan iman mereka. Rasulullah saalaihishshalatu wassalam- berkata, “Jangan percaya salah seorang darimu hingga dia mencintai saudaranya apa yang dicintainya untuk dirinya sendiri.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik).

Ibu dan bapak adalah orang yang paling sayang kepada kita, tanpa mengharapkan apa-apa. Sejak kita dilahirkan, ibu dan bapak yang menjaga semua keperluan kita dari pakaian sampai makanan.

Oleh karena itu, kita harus menghormati ibu dan bapak kita dan tidak menyakiti keduanya. Sebagai seorang anak, marilah kita berdoa untuk ibu dan bapak kita agar diberikan umur panjang, diberikan kesehat, dan sebagainya.

Kita tidak dapat membalas jasa ibu dan bapak kita, kerana pengorbanan ibu bapa kita sangat besar. Tetapi adakah anda tahu bahawa ada cara yang hebat untuk membantu keduanya masuk ke surga?

Kita semua adalah hanya seorang anak, yang tidak mungkin dapat membalas semua kebaikan ibu bapa, tetapi ada hal yang dapat membantu ibu bapa kita masuk ke surga! Apa itu? itu adalah doa untuk kedua ibu bapak.

Ya, dengan berdoa untuk ibu dan bapak kita, kita dapat membantu ibu bapa kita mendapatkan surga. Sehinga disurgalah kita dapat bersatu seperti semula dengan ibu bapa kita.

Tetapi syaratnya ialah kita mesti menjadi anak sholeh, karena doa anak sholeh untuk orang tuanya akan lebih didengar oleh Allah subhaanahu wa ta’aala. Ini telah dijelaskan dalam hadis tentang amalan yang tidak akan berhenti walaupun kita mati, di antaranya adalah anak-anak saleh yang selalu berdoa untuk orang tua mereka

****

Itulah doa yang kita dapat kita amalkan untuk ibu bapak dan saudara kita. Semoga kita semua menjadi saleh dan sholehah, yang dikhususkan untuk ibu bapak, agama, negara dan negeri. Demikian ulasan mengenai doa untuk orang tua. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *