7 Motivasi Mengapa Anda Seharusnya Memperdalam Bahasa Arab

oleh
7 Motivasi Mengapa Anda Seharusnya Memperdalam Bahasa Arab
Pixabay.com

Bahasa Arab – Segala puji bagi Allah yang telah memberikan wawasan luas. Sungguh, nikmat ini begitu besar sehingga tidak ada keraguan dan celah-celah sekecil biji sawi pun untuk mengeluh.

Shalawat dan salam teruntuk junjungan tercinta Nabi Muhammad Saw; kepadanya cinta akan terus dilestarikan dengan bukti mengikuti sunnah-sunnahnya.

Begitu besarnya cinta Nabi Muhammad kepada ummatnya. Cinta itu bisa kita rasakan sampai saat ini melalui budi pekertinya yang mulia. Adapun salah satu budi pekerti yang sangat mulia yang dicontohkan Nabi Muhammad adalah mengenai bahasa.

Oleh karena itulah saya tertarik untuk belajar bahasa Arab. Bahasa yang dahulu kala digunakan oleh Nabi Muhammad ketika menyebarkan agama Islam. Agama yang saat ini menyapa hati-hati kita melalui akhlak mulia Baginda Nabi Muhammad Saw.

Adapun lebih detailnya marilah kita simak pentingnya mempelajari bahasa Arab untuk kehidupan bermasyarakat, keilmuan maupun untuk agama Islam itu sendiri.

7 Alasan Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab

7 Alasan Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab
Pixabay.com

Bila dibandingkan dengan bahasa lainnya, bahasa Arab tentu saja tidak kalah pentingnya dengan bahasa-bahasa lainnya. Selain bahasa ini merupakan bahasa yang digunakan Nabi Muhammad Saw ketika berdakwah, bahasa ini juga dipilih untuk menyampaikan petunjuk melalui Al Quran.

  1. Bahasa Arab adalah Bahasa Al Quran

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

اللِّسَانُ العَرَبِي شِعَارُ الإِسْلاَمِ وَأَهْلِهِ

“Bahasa Arab adalah syi’ar Islam dan syi’ar kaum muslimin.” Disebutkan dalam Iqtidha’ Shirath Al-Mustaqim.

  1. Bahasa Arab Memudahkan Kita untuk Memahami Al Quran dan Hadits

Motivasi kedua saya belajar bahasa Arab adalah kebermanfaatan akan ilmu agama bagi kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang mungkin pernah menghafal Al Quran barangkali pernah merasakan menghafal tanpa mengetahui artinya, namun bila menghafal dan kita tahu artinya; pastinya akan lebih berkesan.

  1. Bahasa Arab untuk Pemahaman yang Lebih

Mempelajari bahasa Arab seperti mempelajari ilmu yang sesungguhnya sebab dengan bahasa Arab kita akan tahu sumber ilmu yang dahulu kala pernah ditulis oleh para ulama.

Hal ini menjadi sangat penting apabila Anda sebagai pendakwah, Anda akan memerlukan pemahaman yang lebih untuk bisa menguraikan ilmu-ilmu agama melalui ilmu Nahwu Shoorof dengan sederhana dan mudah dipahami.

  1. Menggali Ilmu dari Sumbernya

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah sumber dari ilmu. Bila Anda belum bisa bahasa Arab dan hanya mengandalkan terjemahan, tentunya ilmu yang Anda dapat akan sangat terbatas dan jauh dari kesempurnaan.

Berbeda dengan orang yang belajar bahasa Arab, ia akan lebih dalam menggali ilmu-ilmu yang dahulu dibuat oleh para ulama. Dengan artian, bila Anda bisa membaca kita, tentu saja hal tersebut bisa menjadi nilai lebih untuk memahami lebih sempurna ilmu dari para ulama.

  1. Bahasa Arab adalah Bahasa yang Paling Jelas dan Lengkap

Dosen saya pernah bilang bahwa semakin lama peradaban sebuah bahasa, akan semakin lengkap dan jelas bahasa tersebut. Dan perkataan tersebut terbukti manakala bahasa Arab adalah bahasa yang mempunyai peradaban yang paling tua.

Bahasa Arab terbukti bahasa yang mempunyai kosakata yang paling lengkap dibandingkan bahasa lainnya, bahasa Arab lebih jelas secara makna (spesifik) sehingga sangat jarang ada kerancuan makna.

Ibnu Katsir saat menjelaskan surat Yusuf ayat kedua menyatakan,

لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس

“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

  1. Bahasa Arab Bahasa yang Digunakan Oleh Orang-orang Sholeh

Ketika saya berniat mempelajari bahasa Arab, pikiran saya senantiasa berharap, semoga suatu saat bisa berkomunikasi secara langsung dengan Rosulullah Saw…. “Bahwa aku dulu pernah belajar bahasa Arab”

Ibnu Katsir rahimahullah juga menyatakan,

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

“Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

Oleh karena itu Allah nyatakan tentang bahasa Arab,

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)

  1. Bahasa Arab adalah Bahasa yang Sempurna

Bahasa Arab adalah bahasa yang lurus, mudah dipahami dan mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia.

Allah menyatakan sendiri,

قُرْآَنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“(Ialah) Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 28)

Dalam ayat lain disebutkan,

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (192) نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ (193) عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ (194) بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ (195)

“Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara: 192-195).

Sebagaimana disebutkan dalam Zaad Al-Masiir karya Ibnul Jauzi, Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab yaitu bahasanya orang Quraisy yang setiap orang mudah memahaminya.

Juga dalam ayat lain disebutkan,

وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا

Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS. Ar-Ra’du: 37).

Disebutkan dalam Tafsir Al-Jalalain, bahasa Arab digunakan sebagai hukum di tengah-tengah manusia. Dalam Zaad Al-Masiir disebutkan bahwa bahasa Arab bisa digunakan untuk menerangkan hukum-hukum yang wajib.

***

Demikianlah 7 alasan mengapa kita harus mempelajari bahasa Arab. Semoga Allah berikan kita kemudahan dalam memahami dan menguasai ilmu bahasa Arab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *