Arti Assalamualaikum, Assalamualaikum Tulisan Arab dan Fadhilahnya

95 views
Assalamualaikum
pixabay.com

Asalamualaikum Tulisan Arab — Assalamualaikum Tulisan Arab dan artinya adalah ucapan dan pernyataan antara umat Muslim dengan orang lain. Assalamualaikum artinya “Keselamatan untuk kalian semua” sebagai ikon umat Islam yang penuh dengan kedamaian.

Kalimat Assalamualaikum biasanya diucapkan ketika kita bertemu dengan umat Muslim lain dan dijawab dengan kalimat Waalaikum salam. Hal ini sebagai informasi bahwa ketika umat Muslim saling bertemu, maka kedua orang tersebut berjanji akan menjamin untuk keselamatan bersama.

Dengan mengucapkan Assalamualaikum, maka kedua orang yang bertemu berjanji tidak akan saling menyakiti dan tidak akan mencelakakan satu sama lain. Hal ini sebagai penegasan bahwa jaminan keselamatan penuh pada harta serta harga diri yang tidak akan dicuri ataupun dilukai.

Jika kita bertamu kerumah orang lain, maka perlu mengucapkan kalimat Assalamualaikum sebagai tanda bahwa tamu yang datang bermaksud baik. Kalimat Assalamualaikum diucapkan dan berjanji untuk menjamin keselamatan bersama ketika sedang bertamu dirumah tersebut.

Hal ini sebagai penegasan bahwa sang tamu tidak akan melakukan perbuatan jahat dirumah tersebut dan senantiasa akan menjaga keselamatan. Selain itu juga akan berjanji untuk selalu menjaga keselamatan kepada semua orang yang berada didalam rumah tersebut tanpa terkecuali.

Pada saat melakukan pidato atau berbicara didepan orang banyak, tentu saja wajib mengucapkan kalimat Assalamualaikum dengan tujuan untuk perdamaian. Hal ini perlu dilakukan agar bisa menjaga mulut ketika berbicara tidak menyakiti orang lain terutama orang-orang yang hadir.

Kalimat Assalamualaikum adalah ikon dari agama Islam yang memang berarti kedamaian bagi semua orang di alam semesta ini. Karena itulah banyak umat Musilim yang menempelkan kalimat Assalamualikum tulisan Arab diatas pintu sebagai doa agar rumah tersebut selamat.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ = Semoga damai atau selamat kepada kalian semua

Hukum mengucapkan kalimat Assalamualaikum bersifat sunnah dan bagi yang mendengarnya wajib untuk menjawabnya. Namun jika mengucapkan kalimat Assalamaualaikum didepan banyak orang, maka wajib untuk menjawabnya dan bisa diwakilkan salah satu orang saja.

Jika ada salah satu orang yang sudah menjawabnya, maka hukumnya sunnah bagi orang lain untuk menjawabnya. Tentu saja akan lebih baik semua orang yang hadir mau menjawab kalimat Assalamualaikum agar doa keselamatan bisa didengar Allah dan semuanya mendapatkan pahala.

Masih banyak orang yang tidak mau menjawab ucapan Assalamualaikum atau ragu-ragu karena belum tahu arti dan maksudnya. Jika orang sudah mengetahui fadhilah dari menjawab kalimat salam tersebut, maka pasti mau menjawabnya dengan semangat agar mendapatkan keselamatan.

Memang masih banyak umat Muslim yang menganggap remeh kalimat Assalamualaikum dan tidak begitu antusias untuk menjawab salam ini. Padahal ucapan kalimat salam ini adalah inti dari terciptanya keselamatan dan rasa aman bersama dan merupakan kalimat doa kepada Allah.

Allah akan cepat mengabulkan doa jika dilakukan secara bersama-sama karena hal tersebut merupakan kalimat doa dengan suara terbanyak. Jadi doa yang dilakukan bersama-sama akan dibantu para malaikat dan menyampaikannya langsung kepada Allah sehingga cepat terkabul.

Agar kalimat salam lebih utama, maka bisa menambahkan dengan kalimat Wa Rohmatullahi Wa Barokatuh agar semakin lengkap. Assalamualikum Wa Rohmatullahi Wa Barokatuh artinya “Semoga keselamatan bersama kalian serta mendapatkan rahmat dan barokah dari Allah”.

Huruf Hijaiyyah memang sangat indah sehingga kalimat Assalamualaikum tulisan Arab juga bisa dijadikan doa sekaligus hiasan dirumah. Dalam bahasa seni Al Qur’an dinamakan juga sebagai Kaligrafi atau seni rupa tulisan Arab untuk melestarikan keindahan huruf Al Qur’an.

Huruf dan tulisan Arab bisa dimodifikasi dengan berbagai bentuk agar bisa menghasilkan tulisan yang sangat indah dan memiliki nilai seni. Kita bisa memodifikasi huruf-huruf Al Qur’an agar bisa menghasilkan tulisan dalam berbagai model dan bentuk sehingga menambah keindahan.

Kaligrafi memang berasal dari bahasa Yunani, namun bahasa Arab memiliki nama sendiri untuk seni rupa dalam penulisan bahasa yaitu Al Khoth. Dalam bahasa Arab, Al Khoth artinya guratan garis atau tulisan yang dirangkai dengan ketrampilan seni agar membentuk tulisan yang indah.

Jenis Al Khoth atau Kaligrafi Bahasa Arab

Arti Assalamualaikum

1. Khoth Tsuluts

Jenis Khoth ini memang sangat populer namun jarang digunakan dalam penulisan huruf-huruf Al Qur’an dan kitab-kitab lainnya. Biasanya Khoth Tsuluts aplikasikan pada penulisan judul kitab, sebagai hiasan dinding, kop surat, interior masjid, dekorasi, sampul buku serta lainnya.

2. Khoth Naskhi

Bentuk tulisan Khoth Naskhi memang sering dipakai umat Islam dalam penulisan buku dan kitab karena gaya penulisannya memang sederhana. Bentuk tulisannya memang mudah diaplikasikan dan tidak memiliki nilai seni karena seperti tulisan biasa dan termasuk tulisan Arab kuno.

3. Khoth Riq’ah

Jenis Kaligrafi ini adalah gabungan dari  gaya penulisan Khoth Naskhi dan Khoth Tsuluts bentuknya juga sedehana sehingga banyak digunakan. Tulisan Khoth Riq’ah tidak memiliki harakat sehingga hanya orang yang menguasai ilmu bahasa Arab saja yang bisa membacannya.

4. Khoth Farisi

Sesuai dengan namanya, tulisan Arab ini dikembangkan oleh masyarakat Persia dan diresmikan sebagai gaya tulisan negara tersebut. Tulisan Khot Farisi memiliki ciri khas tersendiri dan bisa dilihat dalam kalimat Assalamualaikum tulisan Arab yang memiliki garis dan huruf tebal tipis.

5. Khoth Diwani

Tulisan Khoth ini dikembangkan oleh kerajaan Turki dan dijadikan sebagai tulisan resmi negara untuk menulis surat-surat kerajaan. Ciri khas tulisan ini bisa dilihat dari bentuk tulisannya yang kadang naik tinggi dan huruf yang turun dan banyak dijadikan hiasan dinding dan sampul buku.

6. Khoth Ijazah

Khoth Ijazah memang biasanya ditulis pada ijazah dengan gaya penulisannya memang perpaduan antara Khoth Tsuluts dan Naskhi. Ciri-ciri tulisan ini sangat sederhana dan tidak cocok digunakan pada tulisan yang bertumpuk.

7. Khoth Diwani Jali

Bentuk tulisannya memang lebih bebas dan perkembangan dari Khoth Diwani yang sering dipakai dalam berbagai macam hiasan. Ciri-ciri penulisan Koth ini hurufnya memiliki banyak harokat yang digunakan sebagai hiasan sebagai penambah keindahan.

8. Khoth Kufi

Jenis Khoth ini adalah tulisan yang paling tua dan sangat berkembang di negara Irak sejak awal mula dalam penulisan Al Qur’an. Perkembangan penulisan Khoth ini sejak abad 7 M dan menjadi tonggak sejarah dalam perkembangan ilmu pengetahuan dunia.

Manfaat atau Fadhilah Mengucapkan Assalamualaikum

assalamualaikum tulisan Arab

1. Jaminan Keselamatan Bersama

Lafadz Salam Assalamualaikum

Dengan mengucapkan kalimat salam kepada saudara kita, maka kita senantiasa berjanji akan selalu menjaga keamanan bersama. Bentuk keselamatan tersebut berupa dalam bentuk nyawa, harta, nama baik serta semua termasuk lingkungan sekitar seperti alam semesta dan lainnya.

2. Timbul Rasa Kasih Sayang

Kalimat assalamualaikum

Melalui ucapan salam tersebut maka kita akan semakin akrab lebih dari saudara sehingga timbul rasa sayang kepada sesama manusia. Kedamaian dan keselamatan bisa tercapai jika memiliki rasa kasih sayang antara manusia satu dengan manusia lainnya dan itulah arti Assalamualaikum.

3. Sebagai Slogan Utama

assalamualaikum

Dengan adanya kalimat Assalamulaikum tulisan Arab atau dengan kalimat melalui ucapan, maka kita seperti memasuki area untuk saling mengamankan satu sama lain. Jika kalimat Assalamualaikum Warohmatullahi bisa dipraktekkan maka pasti akan tercipta kedamaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *