Tulisan Arab Istighfar, Arti Istighfar dan Penjelasannya di Al Quran

oleh
arti istighfar dalam kehidupan sehari hari
pixabay.com

Arti Istighfar — Arti Istighfar dan Penjelasannya serta kapan kalimat ini diucapkan serta apa manfaatnya. Istighfar adalah nama bacaan dan kalimat Istighfar yaitu “Astaghfirullah hal adzhim” yang artinya “Saya mohon ampun kepada Allah yang maha agung”.

Kalimat Astaghfirullah Hal Adzhim biasanya diucapkan ketika kita telah melakukan kesalahan atau juga perbuatan yang berdosa. Selain itu banyak juga yang mengucapkannya ketika lupa dan sadar akan melakukan perbuatan dosa dan segera meminta ampun kepada Allah untuk bertaubat.

Lebih tepatnya kalimat Istighfar diucapkan oleh orang yang mau bertobat dan meminta ampun atas kesalahan dan dosa yang telah dilakukan. Tentu saja dengan bertaubat dan mengucapkan Istighfar serta berjanji untuk tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa yang telah dilakukan.

Selain itu umat Muslim setiap hari dianjurkan mengucapkan wirid dengan kalimat Istighfar untuk selalu meminta ampun kepada Allah. Hal ini karena dalam keseharian kita dan dalam hidup bermasyarakat mungkin saja telah melakukan perbuatan dosa namun tidak kita rasakan.

Kita seringkali melakukan perbuatan dosa setiap waktu namun tidak menyadari akan hal itu dan hanya Allah yang tahu dosa apa yang telah kita lakukan. Karena itulah nabi Muhammad menganjurkan kepada kita memperbanyak kalimat istighfar setiap hari sebagai sarana bertaubat.

Nabi Muhammad sendiri yang sudah dijamin akan masuk surga juga mengucapkan kalimat Istighfar setiap hari sebanyak 100 kali. Hal ini sebagai contoh bahwa siapapun, selama masih hidup memiliki potensi untuk melakukan perbuatan yang menyebabkan bisa mendapatkan dosa.

Jika kita sedang menerima ujian dari Allah, maka dianjurkan untuk mengucapkan kalimat Istighfar daripada digunakan untuk mengeluh. Karena arti Istighfar adalah memohon ampunan dan semoga Allah bisa memberikan petunjuk agar bisa menemukan solusi dari ujian tersebut.

Pada dasarnya, tangan, mulut, mata, kaki, telinga, hati dan pikiran memiliki potensi untuk melakukan perbuatan yang menimbulkan dosa. Perbuatan dosa tersebut pada awalnya kita tahu, namun jika sudah menjadi kebiasaan, maka kita tidak terasa jika sudah melakukan kemaksiatan.

Setiap hari mata kita melihat bermacam-macam hal yang tanpa kita sadari telah berbuat hal yang menimbulkan dosa seperti melihat wanita cantik atau hal lainnya. Perbuatan dosa melalui mata atau zina mata mungkin saja tidak kita sadari karena sangat sulit mengontrol mata ketika dijalan.

Karena itulah kita perlu memperbanyak membaca kalimat Istighfar agar dosa yang telah kita lakukan melalui pandangan mata bisa diampuni oleh Allah. Perbuatan dosa melalui mata memang tergolong paling mudah untuk dilakukan dan seringkali, walaupun tanpa kita inginkan.

Bisa juga kita melakukan dosa melalui tangan ketika menyenggol orang dijalan ataupun hal lainnya dan tidak kita sengaja. Walaupun perbuatan tersebut tanpa kita sengaja, namun hal ini mungkin saja telah menyakiti orang lain atau terluka sehingga membuat orang itu menderita.

Dalam hal tersebut tentu saja kita bisa mengetahui apa alasannya kenapa kita harus selalu mengucapkan kalimat Istighfar. Hal ini karena manusia adalah tempatnya lupa dan salah sehingga kita perlu waspada dan teliti untuk melakukan introspeksi diri tentang kesalahan kita.

Melalui mulut juga seringkali kita melakukan perbuatan dosa seperti menggunjing atau mengumpat serta perbuatan lainnya. Ketika kita sedang menggunjing untuk membicarakan keburukan orang lain, tentu saja dalam hati nurani merasakan bahwa ini perbutan dosa.

Namun jika kita telah terbiasa dengan hal ini, maka tanpa kita sadari perbuatan-perbuatan semacam ini memang seringkali membuat terlena. Kita perlu mencari tahu arti Istighfar dan segera bertaubat dan membaca kalimat Asraghfirullah Hal Adzhim agar Allah bisa mengampuni.

Ayat-ayat Qur’an yang Menganjurkan agar Manusia Bertaubat dan Istighfar

tulisan istighfar
http://islamic-art-and-quotes.tumblr.com

1. Surat Al A’raf ayat 153

“Orang-orang yang mengerjakan kejahatan kemudian bertaubat sesudah itu dan beriman, sesungguhnya Tuhan kamu, sesudah taubat yang disertai dengan iman itu adalah maha pengampun lagi maha penyayang”.

2. Surat An Nisa’ ayat 110

“Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya sendiri, kemudian ia memohon ampunan kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah maha pengampun lagi maha penyayang”

3. Surat Az Zumar ayat 53

“Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang maha pengampun lagi maha penyayang”.

4. Surat At Taubah ayat 104

“Tidakkah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hambaNya dan menerima zakat, dan bahwasanya Allah maha penerima taubat lagi maha penyayang”.

5. Surat At Tahrim ayat 8

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhanmu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai”.

6. Surat Al Anfal ayat 33

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada diantara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka sedang mereka meminta ampun”.

Manfaat Istighfar dalam Kehidupan Dunia dan Akhirat

1. Dosanya Diampuni

Tulisan Arab Istighfar

Allah akan mengampuni dosa-dosa dari orang yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh dan menyesal dengan perbuatannya dan memahami arti istighfar. Hal ini karena ampunan Allah jauh lebih besar dari semua dosa yang ada didunia ini karena Allah maha pengampun.

2. Terhindar dari Api Neraka

Istighfar astagfirullah

Agar bisa dijauhkan dari api neraka, maka mulut kita sebaiknya selalu digunakan untuk membaca kalimat Istighfar. Jika kita selalu membaca kalimat Istighfar, maka semua dosa akan diampuni dan bisa terbebas dari neraka karena hanya orang berdosa yang akan masuk ke neraka.

3. Kerja Syetan Jadi Sia-sia

tulisan astaghfirullah istighfar

Ketika kita melakukan perbuatan maksiat yang mendapatkan dosa, maka syetan tertawa karena pekerjaannya menggoda manusia telah berhasil. Namun jika kita segera membaca kalimat Istighfar dan bertaubat memohon ampun kepada Allah, maka pekerjaan syetan menjadi sia-sia.

4. Dibukakan Pintu Rezeki

Lafadz Istighfar

Banyak orang yang mengalami kesusahan walaupun sudah bekerja keras untuk mencukupi kehidupannya sehari-hari dan selalu kekurangan. Hal ini bisa menjadi salah satu akaibat karena kurangnya membaca kalimat Istighfar dan berserah diri untuk selalu pasrah kepada rizki Allah.

5. Selalu Mendapatkan Ridha Allah

Kalimat Istighfar Astaghfirullah

Allah akan meridhai segala usaha dan kerja keras manusia jika dia juga selalu ridha akan segala yang telah diberikan dengan mengucapkan kalimat Istighfar. Tentu saja jika Allah meridhai, maka semua perbuatan dan usaha yang kita lakukan akan mendapatkan kemudahan dan berkah.

6. Meredam Timbulnya Adzab

kaligrafi istighfar

Jika manusia selalu mengucapkan kalimat Istighfar, maka Allah akan menunda segala adzab yang akan ditimpakan. Hal ini karena timbulnya sebuah adzab karena manusia telah lalai kepada Allah dan terlalu mengutamakan kehidupan dunia dan engaan untuk beribadah kepada Allah.

7. Membersihkan Hati

astaghfirullaha 'adzim

Salah satu cara yang bisa membuat manusia untuk tidak melakukan maksiat adalah memiliki hati yang bersih dantidak tergoda syetan. Hal ini hanya bisa dilakukan jika kita senantiasa berdzikir dengan kalimat Istighfar sehingga mengerti dan memahami arti Istighfar yang sesungguhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *