Tulisan Arab Barakallahu Fik besertaArti Barakallah Fii Umrik

oleh
Ucapan Selamat Ulang Tahun di dalam Islam Barokallahu Fii Umri

Arti Barakallah Fii Umrik — Arti Barakallah Fii Umrik yaitu “Semoga Allah memberkahi usiamu” dan biasanya digunakan sebagai doa ulang tahun.  Doa ini bertujuan agar kita selalu mendapat limpahan barokah dan karunia atas kehidupan yang dijalani dan untuk masa depan.

Jika kita berulang tahun, sebaiknya selalu bersyukur kepada Allah yang telah memberikan usia kehidupan sampai sekarang. Dengan bersyukur, maka kita bisa menjalani kehidupan ini agar bisa bermanfaat bagi diri dan orang lain serta tidak membuang waktu untuk hal yang tidak berguna.

Hal ini karena Allah telah berfirman dalam kitab suci Al Qur’an surat.Ibrahim ayat 7 yang artinya” Barangsiapa yang mensyukuri nikmat-Ku, maka akan ditambahkan nikmatnya”. Dan barangsiapa yang kufur terhadap nikmat-Ku, seungguhnya adzab-Ku sangat pedih”.

Ayat ini bisa dijadikan sebuah pedoman agar kita selalu ingat untuk berterima kasih kepada Allah dengan mengucapkan kalimat dzikir. Jika kita senantiasa selalu bersyukur, maka Allah akan selalu memberikan petunjuk agar tidak tersesat dalam kehidupan ini sampai akhir nanti.

Selain itu, Allah juga akan memberikan adzab bagi siapa saja yang tidak mensyukuri nikmat yang telah diberikan. Hal ini bisa berarti, Allah tidak akan memberikan petunjuk dan membiarkan para hambanya yang tersesat dan tidak mendapatkan pertolongan dalam dunia ini.

Petunjuk dan pertolongan Allah didunia bisa berupa rizqi kesehatan, pekerjaan, memiliki teman yang mau membantu dalam senang maupun susah dan lainnya. Jika Allah selalu memberikan petunjuk dan pertolongan, maka kita bisa selalu mendapatkan kenikmatan menjalani hidup ini.

Kita harus bisa menghayati arti Barakallah fii umrik dan selalu meminta kepada Allah agar diberikan barokah dalam hidup ini. Hal ini karena hanya Allah yang berkuasa atas semua kehidupan dan kita tidak bisa mengelak lagi jika malaikat maut datang untuk mencabut nyawa.

Hukum Merayakan Ulang Tahun

1. Alasan Ulama Memperbolehkan

Arti Barakallah Fii Umri

Ada beberapa pendapat dikalangan umat Islam tentang bagaimana syariat atau hukum dalam merayakan acara ulang tahun. Tentu saja dalam hal merayakan ulang tahun ini pasti akan menimbulkan perbedaan pendapat karena tidak disebutkan langsung dalam kitab suci Al Qur’an.

Sebagian ulama memperbolehkan dan menganggap sebagai bid’ah khasanah atau hal yang baik sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diterima. Tentu saja acara ulang tahun tersebut dilakukan dengan cara islami yaitu memanjatkan doa, berdzikir atau melantunkan sholawat.

2. Ulama yang Melarang

Barakallah Fii Umrik artinya
pixabay.com

Selain itu ada pula para ulama yang melarang acara ulang tahun dan bahkan mengharamkannya karena perbuatan tersebut termasuk bid’ah dholalah atau bid’ah jelek. Hal ini karena acara ulang tahun sangat identik dengan acara pesta, perayaan, bersenang-senang ataupun berfoya-foya.

Jika acara ulang tahun dilakukan hanya bersifat untuk ajang gengsi, kemewahan dan gaya hidup yang glamor, tentu saja akan berdosa. Hal inilah yang dikhawatirkan oleh para ulama sehingga mereka berpendapat untuk melarang acara ulang tahun karena bisa menjauhkan diri dari Allah.

3. Kesimpulan Hukum Ulang Tahun

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik
pixabay.com

Sebenarnya acara ulang tahun merupakan sebuah peristiwa kebudayaan hasil ijtihad manusia dan bukanlah sebuah tuntunan ibadah agama. Jadi kita boleh saja untuk merayakaan acara ulang tahun asalkan masih dalam garis batas norma masyarakat dan tidak melanggar hukum Islam.

Akan lebih baik jika kita tidak merayakan acara ulang tahun karena hal ini bukanlah termasuk dalam tuntunan agama. Kita bisa bersyukur setiap saat dan mempraktekkan arti barakallah fii umrik dengan banyak memanjatkan doa dan dzikir agar kehidupan kita selalu diberkahi Allah.

Selain bersyukur, jangan lupa untuk mengucapkan Innalillahiwainnailaihirojiun. Kenapa? Dengan demikian Anda bisa terus mengingati diri bahwa jatah umur Anda berkurang.

Pemahaman Ulang Tahun dalam Agama Islam

Gambar tulisan Barakallah Fii Umrik

Agama Islam menyikapi peristiwa ulang tahun atau maulid dalam kehidupan ini dengan cara muhasabah yang berarti perhitungan atas diri sendiri. Muhasabah adalah sarana sebagai ajang untuk melakukan introspeksi pada diri atas kehidupan yang telah dijalani dimasa yang telah lalu.

Kita harus bisa meneliti apa saja yang telah dicapai dalam mengarungi kehidupan selama ini terutama dalam hal ibadah kepada Allah SWT. Karena hanya Allah yang berhak menuntut atas kehidupan kita setelah meninggal diakhirat nanti dengan melakukan hisab atau perhitungan.

Apa saja yang telah dilakukan selama hidup ini, apakah waktu dihabiskan untuk pekerjaan yang bermanfaat untuk orang lain atau tidak. Hal ini karena Allah menciptakan manusia dengan tujuan hanya untuk beribadah dan berbuat baik atau bermanfaat kepada semua penghuni alam semesta.

Ulang tahun adalah saat yang tepat untuk bertaubat dan tidak akan mengulangi kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan dimasa lalu. Selanjutnya menjalani hidup dimasa depan untuk lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah dan berbuat baik serta bermanfaat bagi orang lain.

Momen ulang tahun merupakan saat yang tepat agar kita gunakan untuk mengingat semua kesalahan yang telah dibuat dimasa lalu. Hal ini bermanfaat agar kita bisa mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan selama ini agar bisa berbuat sesuatu yang lebih baik dimasa depan.

Kita harus bisa belajar dari semua kesalahan dimasa lalu agar nantinya bisa melangkah dengan lebih baik untuk masa yang akan datang. Dalam kehidupan ini, manusia hanya bisa belajar dari kesalahan yang telah dilakukan dimasa lalu dan memperbaikinya untuk masa yang akan datang.

Jika kita bisa memahami arti barakallah fii umrik dengan cara pandang dalam ajaran Islam, maka kita akan selalu bersyukur kepada Allah. Selanjutnya kita akan menggunakan waktu hidup yang tersisa dimasa depan dengan segala perbuatan dan amal yang sesuai dengan ajaran Islam.

Cara Memberikan Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Islam

Niatkan hanya kerana Allah ketika mengucapkan Barakallah Fii Umrik
Pinterest

Dalam ajaran Islam, bahwa ucapan adalah sebuah doa sehingga kita harus selalu bertutur kata dan berbicara dengan baik dan santun. Hal ini agar Allah memberikan rizqi sesuai dengan yang diucapkan dan yang ada dalam pikiran atau cita-cita setiap manusia jika mereka mau berusaha.

Jika kita memiliki sanak saudara, famili serta teman ataupun sahabat yang sedang merayakan ulang tahun, maka sebaiknya kita memberikan ucapan selamat dengan doa. Kita bisa memberikan ucapan doa dengan bertemu secara langsung ataupun melalui kartu ucapan selamat.

Lebih utama lagi jika kita mau memberikan doa yang sesuai dengan cita-cita dari pihak yang berulang tahun agar bisa lebih yakin dengan keinginannya. Hal ini akan membuat dia menjadi lebih optimis dengan cita-citanya karena telah mendapatkan doa serta dukungan dari orang lain.

Ucapan selamat ulang tahun lainya yang baik adalah memberikan doa agar dimudahkan rizqinya oleh Allah agar selalu berkecukupan. Selain itu ada lagi ucapan yang baik yaitu doa agar senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah sehingga terhindar dari musibah dan segala penyakit.

Masih banyak ucapan doa lainnya yang bisa kita pilih dan diberikan kepada siapa saja yang sedang berulang tahun. Setidaknya ucapan doa yang kita ucapkan seperti arti barakallah fii umrik yaitu semoga Allah memberi barokah pada usiamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *