Allahu Akbar Tulisan Arab beserta Makna yang Terkandung di Dalamnya

oleh
Allahu Akbar Allah Maha Besar


Allahu Akbar Tulisan Arab
— Allahu Akbar Tulisan Arab memang memiliki makna yang dinamis karena kebesaran Allah tidak bisa diukur melalui mata dhohir atau materi. Dalam bahasa Indonesia, kalimat Allahu Akbar memang diterjemahkan dengan kalimat “Allah Maha besar”.

Tujuan arti kata tersebut memang sudah benar karena kebesaran Allah tidak bisa diukur dengan pengetahuan yang dimiliki Manusia. Ilmu yang dimiliki manusia tidak bisa mengukur kebesaran Allah karena alam semesta beserta isinya ini sangat kecil dibanding dengan kebesaran Allah.

Pengetahuan manusia sangatlah terbatas karena untuk mengukur luas langit saja memang tidak bisa, apalagi untuk mengukur maha Pencipta. Manusia hanya bisa menyentuh kasih sayang Allah melalui rasa cinta dari hati dengan cara melakukan dzikir dan wirid serta ibadah yang khusyuk.

Terjemahan kalimat “Akbar” tersebut memang tidak salah, namun kurang tepat menurut beberapa para ahli sastra bahasa Arab. Hal ini karena bahasa Indonesia sangat miskin kata sehingga tidak bisa menemukan kata yang tepat untuk menterjemahkan kalimat takbir tersebut.

Hal itu karena ketika pertama kali dalam menterjemahkan kalimat takbir atau Allahu Akbar memang sulit mencari kata dalam bahasa Indonesia. Akhirnya ditemukanlah kata “Maha” yang berarti sangat, besar dan mulia serta bermakna tidak terbatas jika diukur panca indera manusia.

Kata “Maha” memang diambil dari bahasa Jawa atau Sansekerta karena hanya menemukan kata ini dan belum menemukan kata lainnya. Kata “Maha” sudah digunakan peradaban Jawa lampau dalam hal agama seperti Hyang Maha Tunggal, Hyang Maha Suci, Hyang Maha Agung.

Kalimat Allahu Akbar tulisan Arab akan lebih baik jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yaitu “Allah yang maha lebih besar”. Hal tersebut karena terjemahan ini yang lebih lengkap untuk memberikan makna yang lebih mendalam menggunakan tata bahasa Indonesia.

Kalimat Allahu Akbar Tulisan Arab dan Artinya

Allahu akbar tulisan Arab

كبرأ الله= Allah Yang Maha Lebih Besar
كبر أ = Yang Maha Lebih Besar

Kata Akbar berasal dari kata Kabir yang berarti besar, namun penggunaannya berbeda antara Allah dengan penggunaan yang lainnya. Jika untuk Allah kata kabir memiliki huruf ba’ yaitu panjang yaitu kabiir dan untuk yang lainnya menggunakan hurf ka’ yang panjang yaitu kaabir.

Sedangkan pada kata Akbar memang memiliki arti yang sangat luas dan tidak terbatas karena bersifat tidak terhingga. Tentu saja jika kita melihat kebesaran dan luas alam semesta ini memang tidak akan bisa menjangkaunya, apalagi jika kita berpikir tentang kebesaran Allah.

Saat yang Tepat untuk Menyerukan Kalimat Allahu Akbar

Tulisan Allahu Akbar yang Benar
Wikimedia.org

1. Ketika Mengumandangkan Adzan

Kalimat takbir atau Allahu Akbar memang sangat penting sehingga digunakan sebagai kalimat awal dalam mengumandangkan Adzan. Hal ini memiliki tujuan untuk mengumandangkan kebesaran Allah dan juga sebagai pertanda bahwa sudah masuk waktu untuk beribadah sholat.

2. Saat Iqomah

Ketika kita akan melaksanakan sholat berjamaah di masjid dan di musholla serta tempat lainnya, maka harus didahului dengan mengumandangkan Iqomah. Dalam mengumandangakn iqomah, kalimat pertama juga menggunakan lafadz Allahu Akbar untuk menyerukan kebesaran Allah.

3. Melihat Sesuatu yang Luar Biasa

Pada saat kita sedang takjub melihat kekuasaan Allah seperti tragedi tsunami, gempa bumi ombak laut yang sangat besar agar mengucapkan Allahu Akbar. Hal ini sebagai pertanda bahwa kita mengingat kebesaran Allah dengan kuasaNya segala sesuatu yang luar biasa bisa terjadi.

4. Adzan Jam 3 Pagi

Mengumandangkan Adzan jam 3 pagi memang disunahkan karena banyak manfaatnya seperti pertanda bagi orang yang sahur. Selain itu lafadz Allahu Akbar tulisan Arab pada adzan sebelum subuh sebagai tanda waktu sholat malam telah usai dan membangunkan orang tidur.

5. Saat Lebaran Tiba

Lebaran adalah momen untuk merayakan kemenangan bagi umat Muslim dan menyerukan kalimat takbir kepada Allah. Hal ini bertujuan bahwa kita bisa lulus ujian setelah melakukan ibadah puasa selama sebulan dengan menahan nafsu untuk lapar, haus serta emosi dan amarah.

6. Pada Saat Bayi Lahir

Setelah bayi dilahirkan, maka ayah bayi atau sanak saudara atau juga familinya banyak yang mengumandangkan adzan ditelinga sang bayi. Hal ini sudah menjadi kebiasaan yang selalu dikerjakkan umat Muslim agar senantiasa selalu mengingat akan kebesaran Allah.

Keutamaan Kalimat Allahu Akbar

Kaligrafi Allahu Akbar Allah Maha Besar
http://freeislamiccalligraphy.com

1. Kalimat Tasbih Menjadi Rukun Sholat

Lafadz Allahu Akbar memang sangat penting sehingga kalimat tasbih ini dimasukkan ke dalam rukun sholat wajib 5 waktu. Hal ini berarti jika kita tidak mengucapkan kalimat tasbih yaitu Allahu Akbar ketika menjalankan sholat, maka tidak akan sah sholat yang telah dilakukan.

2. Lafadz Wirid

Setelah selesai dalam menjalankan sholat, maka disunahkan untuk melakukan wirid dengan mengucapkan kalimat tahmid, tasbih dan takbir.  Tentu saja kalimat takbir Allahu Akbar ternyata menjadi salah satu bagian yang sangat penting agar bisa mendekatkan diri kepada Allah.

3. Kalimat Thoyyibah

Banyak umat Muslim yang mengucapkan kalimat takbir ketika menemukan sesuatu yang berhubungan dengan kebesaran Allah. Lafadz Allahu Akbar tulisan Arab ternasuk kalimat thoyyibah atau ucapan yang bagus dan mendapatkan kebaikan bagi yang mengucapkannya.

Manfaat Mengucapkan Kalimat Allahu Akbar

Arti Allahu Akbar

1. Untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah

Jika kita sering menyebut asma Allah, salah satunya kalimat takbir yaitu Allahu Akbar, maka kasih sayang Allah akan terasa dekat. Hal ini karena Allah sendiri yang menyuruh agar manusia selalu berdzikir dan menyebut namaNya agar senantiasa kita selalu berada dalam lindunganNya.

2. Membuat Hati Tenteram

Dalam Al Qur’an S.Ar.Ra’du ayat 28 yang artinya:”Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah (dzikir). Ingatlah dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram” hal ini menjadi pedoman bagi kita untuk bisa mendapatkan hati tenteram.

3. Allah Ingat Kepada HambaNya

Jika kita selalu mengingat asma Allah dengan istiqomah menyebut namaNya, maka Allah juga akan selalu ingat kepada kita. Hal ini juga tertulis dalam kitab suci Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 152 yang artinya: “Ingatlah kepadaKu, niscaya Aku akan ingat kepadamu”.

4. Mempertebal Iman

Setiap saa,t syetan selalu mengintai dan menggoda kita untuk melakukan perbuatan syirik dan menjauhkan diri kepada Allah. Jika kita sering menyebut nama Allah, maka niscaya iman kita akan selalu kuat dalam menahan segala godaan dan bisikan syetan serta hati akan selalu terjaga.

5. Terhindar Dari Api Neraka

Semakin banyak kita melakukan dzikir dengan kalimat takbir, maka diri kita akan semakin dijauhkan dari api neraka. Orang yang senantiasa selalu menyebut nama Allah dan mengagung-agungkan kebesaranNya tidak akan ditempatkan di neraka, kelak diakhirat nanti.

6. Selalu Mendapatkan Hidayah dan Petunjuk

Allah akan selalu memberikan petunjuk dan hidayah kepada orang-orang yang selalu melakukan dzikir kalimat Allahu Akbar tulisan Arab. Hal ini akan membuat segala keputusan dan tingkah laku atau perbuatan kita selalu dijaga agar selalu berada dijalan Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *