Alhamdulillahirobbil Alamin Tulisan Arab yang Benar

oleh
Alhamdulillahirobbil Alamin Tulisan Arab
http://supraha.com

Alhamdulillahirobbil Alamin Tulisan Arab — Alhamdulillahirobbil Alamin Tulisan Arab yang sudah diadopsi kedalam bahasa Indonesia. Banyak masyarakat kita yang menggunakan kalimat tahmid ini sebagai ungkapan sehari-hari dalam huruf latin agar mudah dibaca siapa saja.

Kalimat Tahmid atau Alhamdulillahirobbil Alamin artinya yaitu “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”. Lafadz ini merupakan kalimat terbaik yang perlu diucapkan sebagai doa ketika meminta permohonan ataupun pertolongan kepada Allah agar doanya bisa didengar Allah.

Alasan menggunakan kalimat Tahmid sebagai doa karena sebagai ucapan terima kasih atau rasa syukur kepada Allah atas segala limpahan rahmatnya. Sebelum kita meminta doa, alangkah baiknya jika mengucapkan terima kasih sehingga kita tidak tergolong orang yang kufur nikmat.

Lafadz Alhamdulillahirobbil Alamin memang sebaiknya diucapkan setiap saat agar kita tidak berhenti untuk bersyukur kepada Allah dalam keadaan apapun. Hal ini karena hanya Allah yang pantas mendapatkan pujian karena telah menciptakan semua alam semesta beserta dengan isinya.

Kadang-kadang manusia melihat atau mengalami hal yang luar biasa dan merasa takjub atau terpana dengan keadaan tersebut. Kita boleh saja merasa takjub atas sesuatu, namun kita harus kembali ingat kepada Allah karena Dialah yang patut dan layak mendapatkan pujian di dunia ini.

Jika melihat wanita yang sangat cantik, maka kita harus sadar bahwa makhluknya saja memiliki wajah yang indah, bagaimana dengan penciptanya. Jika melihat pria yang sangat tampan, maka kita juga harus sadar jika makhluknya sangat indah, bagaimana dengan yang menciptakannya.

Kita tidak boleh memuji-muji seseorang atau segala sesuatu secara berlebihan karena bisa mendekatkan pada perbuatan syirik. Kita boleh memuji seseorang atau segala sesuatu tapi hanya sekedarnya saja dan harus selalu mengembalikan keadaan tersebut untuk ingat kepada Allah.

Apabila kita telah khilaf atau lupa karena telah memuji segala sesuatu secara berlebihan, kita harus segera mengucapkan kalimat dzikir. Lafadz Alhamdulillahirobbil alamin tulisan Arab  merupakan salah satu kalimat dzikir yang perlu diucapkan setiap saat agar terhindar dari syetan.

Hal lainnya diantaranya jika melihat ada orang yang sangat kaya, maka kita juga harus kembali untuk ingat kepada Allah. Kita harus berpikir bahwa jika mahluknya bisa memiliki banyak kekayaan, maka kita harus sadar bahwa Allah adalah maha pencipta yang kaya atas segalanya.

Ada dua sifat Allah yang tertulis dalam asmaul khusna yaitu Al Ghoniyy artinya yang maha kaya diatas segalanya yang ada di alam semesta ini. Sifat Allah yang lainnya yaitu Al Mughnii yang artinya sebagai pencipta yang maha pemberi kekayaan kepada semua makhluk ciptaanNya.

Untuk itulah kita harus selalu sadar dan tidak boleh terlena dengan makhluk ciptaan Allah yang memiliki kelebihan diantara makhluk lainnya. Kita harus selalu berpegang teguh pada pemahaman dan iman bahwa harus selalu ingat kepada Allah dan tidak terlena dengan dunia.

Contoh Kalimat Alhamdulillahirobbil Alamin Tulisan Arab

Gambar Alhamdulillahirobbil alamin
www.syahida.com
الحمدلله = Segala puji bagi Allah
العالمين رب = Tuhan semesta alam

Kalimat Alhamdulillah memiliki arti dan maksud untuk memuji kebesaran Allah atas segala karunianya dan nikmat yang dilimpahkan. Sedangkan kalimat Robbil Alamin menegaskan bahwa Allah adalah Tuhan yang atas maha pencipta seluruh alam semesta ini beserta isinya.

Banyak sekali kalimat doa yang menggunakan lafadz Alhamdulillahirrobbil Alamin tulisan Arab pada ayat pembuka, ditengah dan juga penutup doa. Hal ini karena kalimat tahmid merupakan lafadz dzikir yang paling utama diantara 2 kalimat dzikir lainnya, tasbih dan takbir.

Hal ini berdasarkan sebuah hadist nabi yang mengatakan tentang keutamaan mengucapkan kalimat tahmid sebagai lafadz dzikir. Hadist nabi ini diriwayatkan oleh seorang ahli fikih yang terkenal dan mengikuti madzhab Syafi’i yang berasal dari kota Damaskus yaitu Ibnu Asatir.

Hadist nabi tersebut yaitu: “Barangsiapa mengucapkan Subhanallah, maka baginya sepuluh kebaikan. Barangsiapa mengucapkan La ilaha illallah, maka baginya ditulis dua puluh kebaikan dan barangsiapa mengucapkan Alhamdulillah, maka baginya dituliskan tiga puluh kebaikan”.

Setiap manusia diwajibkan untuk mengucapkan kalimat tahmid atau Alhamdulillahirobbil Alamin setidaknya sekali saja seumur hidup. Jadi jika kita belum pernah mengucapkan kalimat tahmid sekalipun selama dalam menjalani kehidupan didunia ini maka akan mendapatkan dosa.

Tentu saja kalimat Alhamdulillahirobbil Alamin sangat penting sekali karena lafadz ini berada pada ayat pertama surat Al Fatihah. Bagaimanapun surat Al Fatihah adalah syarat wajib yang harus dibaca pada setiap rakaat sholat agar bisa sah berdasarkan hukum Islam yang ditetapkan.

Kapan Mengucapkan Kalimat Alhamdulillahirobbil Alamin yang Tepat?

1. Setiap Saat Untuk Bersyukur Kepada Allah

Kaligrafi tulisan Alhamdulillah terindah
http://aamirshahzad.net

Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah hendaknya senantiasa untuk mengucapkan dzikir kalimat tahmid atas waktu yang telah diberikan. Karena itulah Allah menciptakan manusia dengan detak jantung yang berdenyut setiap detik agar selalu ingat kepada Tuhan maha pencipta.

Banyak umat Muslim yang keliru hanya bersyukur dan mengucapkan kalimat Alhamdulillahi robbil Alamin ketika mendapatkan rizqi. Padahal selama kita masih bisa hidup dan bernafas adalah sebuah karunia dan rahmat tiada terhingga yang diberikan Allah kepada semua manusia.

Allah tidak pernah menghitung dalam memberikan segala barokah kepada semua manusia yang hidup di alam semesta ini. Banyak umat Muslim yang menghitung-hitung dan hanya ingat lafadz Alhamdulillahirobbil Alamin tulisan Arab ketika mendapatkan rizqi yang berupa uang saja.

Sebagai umat Muslim yang baik, perlu sadar bahwa rizqi bukan hanya dalam bentuk uang saja, namun semua hal dalam kehidupan ini adalah sebuah karunia. Karena itulah manusia harus berdzikir setiap saat dan tidak perlu menunggu rizqi dalam bentuk materi saja untuk bersyukur.

Tentu saja Allah juga akan tersinggung jika manusia hanya ingat kepada Tuhannya ketika menemukan kebahagiaan dan kesedihan. Namun Allah memiliki sifat Al Ghofar yaitu maha pemaaf dan mengampuni siapa saja yang mau bertaubat dan memohon ampunan kepadaNya.

2. Ketika Mendapatkan Ujian

Tulisan Alhamdulillah terindah
http://www.64mbar.com

Manusia diciptakan di dunia ini adalah untuk menempuh segala macam ujian agar bisa lulus dan kembali kepada Allah sebagai maha pencipta. Hanya dengan lulus dari setiap ujian, maka derajat manusia akan naik berada disisi Allah dan puncaknya adalah bisa masuk surga diakhirat nanti.

Karena itulah kita harus bersyukur dan mengucapkan Alhamdulillahirobbil Alamin ketika sedang mendapatkan ujian yang berat ataupun ringan. Ujian merupakan sebuah latihan agar kita mampu menaklukan segala persoalan didunia ini dan bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah.

Banyak umat Muslim yang pandai memilih hanya ketika merasakan kebahagiaan saja mau mengucapkan kalimat Alhamdulillahirobbil Alamin. Hal ini malah akan membuat pintu rizqi menjadi terhambat karena kita tidak pandai mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan.

Setiap manusia memang diberikan kebebasan untuk menjalani kehidupan ini, namun segala amal dan perbuatan ada resikonya masing-masing. Kita sudah diberikan panduan dalam menjalani kehidupan ini berupa kitab Al Qur’an dan manusia hanya perlu mengikuti apa saja yang tertulis.

Hendaknya kita bisa selalu ingat dengan lafadz Alhamdulillahirobbil Alamin tulisan Arab dan berdzikir dalam keadaan apapun didunia ini. Karena dunia ini hanya ujian sementara dan kita dituntut untuk selalu bersyukur kepada Allah dan berbuat kebaikan kepada semua ciptaan-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *